Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 13 Maret 2024 - 09:04 WIB
loading...
Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
Saat tubuh dalam keadaan berpuasa, pencernaan memiliki jeda untuk beristirahat. Dalam waktu tersebut, tubuh akan menjalankan proses detoksifikasi (pengeluaran racun), penghancuran lemak dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bersamaan dengan perintah Allah SWT tentang kewajiban untuk melaksanakan puasa Ramadan , Allah telah menyiapkan berbagai keutamaannya didalamnya.

"Bukan hanya menghapus dosa-dosa, puasa yang kita kerjakan dengan ikhlas dan sesuai syariat akan menjadikan kita sebagai pribadi yang shihah wa afiyah,"ungkap Ustaz Herman Budianto, dai yang berkhidmat di lembaga Dompet Dhuafa ini.

Saat tubuh dalam keadaan berpuasa, pencernaan memiliki jeda untuk beristirahat. Dalam waktu tersebut, tubuh akan menjalankan proses detoksifikasi (pengeluaran racun), penghancuran lemak dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Yang jika dikerjakan secara rutin seperti pada saat puasa Ramadan , akan membersihkan penyakit-penyakit di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa puasa mampu mengobati berbagai penyakit berkaitan dengan kesehatan fisik, antara lain;

1.Kegemukan (Obesitas)

Puasa dapat mengurangi berat badan (obesitas), dengan mengendalikan diri agar tidak mengkonsumsi makanan berlebihan saat sahur maupun berbuka puasa. Hal ini karena menurut penelitian, rata-rata asupan energi saat berpuasa Ramadhan lebih rendah dibandingkan saat tidak berpuasa.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Dari Abu Hurairah seseorang biasa makan banyak. Lalu ia masuk islam, ternyata ia makan sedikit. Maka hal itu diceritakan kepada Nabi Saw. beliau bersabda, “Sesungguhnya orang beriman itu makan dengan menggunakan satu usus sedangkan orang yang kafir makan dengan menggunakan tujuh usus.” (HR. Bukhari)

2. Penyakit Gula

Dalam Islam, asupan makanan perlu diperhatikan untuk menghindari makanan berlebih. Puasa membantu kita untuk menurunkan kadar gula darah sampai ke titik terendah. Bahkan, kemungkinan terjadinya penyakit gula atau diabetes dapat diantisipasi dengan mengikuti ajuran Rasulullah SAW,

“Dari Miqdam bin Ma'dikarib berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Dari tidak ada suatu wadah yang lebih buruk yang diisi oleh manusia daripada perutnya sendiri. Cukuplah sesorang itu mengkonsumsi beberapa suap makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Bila tidak bisa, maka ia bisa mengisi sepertiga perutnya dengan makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk nafasnya” (HR. Sunan At-Tirmidzi).

3. Lambung atau GERD

Puasa memiliki manfaat untuk menormalkan kadar asam lambung, juga pengeluaran zat-zat asam. Tetapi, perlu diimbangi dengan kebiasaan makan yang sehat. Misalnya pada saat sahur tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang memicu potensi sakit maag. Disamping itu menghindari kebiasaan langsung tidur setelah makan.

4. Jantung

Metabolisme yang terbangun saat berpuasa secara rutin, dikatakan berpengaruh untuk menghambat resiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena puasa mendorong kita untuk membangun pola makan yang sehat hingga mengurangi asupan makanan tinggi lemak.

Oleh karena Allah SWT mencintainya hamba-Nya yang sehat dan kuat, puasa dapat menjadi tangga yang efektif menuju kesehatan. Ditambah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur maupun berbuka, tidak berlebihan dalam segala hal dan beristirahat yang cukup.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)