Surat Al-Qadr Ayat 3: Lailatul Qadar, Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan

Selasa, 19 April 2022 - 14:25 WIB
loading...
Surat Al-Qadr Ayat 3: Lailatul Qadar, Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan
Menurut mayoritas ulama, kemuliaan Lailatul Qadar disebabkan karena Al-Qur’an turun padanya. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Surat al-Qadr merupakan surat madaniyah atau surah yang diturunkan pada periode Madinah. Menurut Al-Wahidi, Surat ini adalah surah pertama yang turun di Madinah yang terdiri dari 5 ayat, 30 kalimat dan 121 huruf.

Al-Maraghi dalam kitabnya "Tafsir al-Maraghi" mengatakan bahwa surat al-Qadr adalah surah makiyah atau surah yang diturunkan pada periode Mekkah, tepatnya setelah surah ‘Abbasa.



Terlepas dari perdebatan ulama mengenai kapan surah al-Qadr diturunkan, apakah di periode Mekkah ataupun Madinah , laman Tafsir Al-Quran menjelaskan, surah ini secara umum berisi tentang proses nuzul al-Qur’an pertama kali ke langit dunia dari lauhul mahfuz dan bercerita tentang kemuliaan lailatul qadar di mana para malaikat berbondong-bondong turun ke dunia untuk mengurus berbagai persoalan atas izin Allah SWT.

Lailatul Qadar merupakan salah satu malam di bulan puasa. Menurut sebagian ulama, malam tersebut biasanya jatuh di malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan . Lailatul Qadar disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebuah malam di mana seorang muslim berkesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala berlipat ganda.

Kemuliaan Lailatul Qadar telah disebutkan Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إَيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berdiri (sholat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Sahih al-Bukhari [4]: 217 dan Sahih Muslim 759).

Kemuliaan Lailatul Qadar juga disebutkan dalam surah al-Qadr [97] ayat 2-3 yang berbunyi:

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ٢لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ٣


“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadar) lebih baik daripada seribu bulan.” ( QS Al-Qadr [97] ayat 2-3).



Menurut Quraish Shihab , surat al-Qadr [97] ayat 2-3 merupakan penjelasan dari Allah SWT tentang kemuliaan Lailatul Qadar. Dia seakan-akan berfirman: “Dan apakah yang menjadikan engkau tahu apakah Lailatul Qadar? Engkau tidak akan mampu mengetahui dan menjangkau secara keseluruhan kemuliaan Lailatul Qadar itu. Tak ada kata yang mampu menjelaskannya dan engkau hanya mengetahui bahwa malam kemuliaan itu (Lailatul Qadar) lebih baik daripada seribu bulan.

Setidaknya ada empat makna qadr dari ayat di atas yang telah disampaikan ulama, yakni: Pertama, penetapan. Lailatul Qadar adalah malam penetapan Allah SWT atas perjalanan hidup makhluk selama setahun. Kedua, pengaturan. Artinya, Lailatul Qadar adalah malam di mana Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai khittah yang mengatur nabi Muhammad saw dalam mendakwahi manusia kepada kebaikan.

Ketiga, kemuliaan. Ini berarti bahwa sesungguhnya Allah swt telah menurunkan Al-Qur’an pada malam yang mulia. Malam tersebut dimuliakan karena Al-Qur’an turun padanya sebagaimana nabi Muhammad saw yang mendapatkan kemuliaan dengan datangnya wahyu. Keempat, sempit. Maksudnya pada malam itu bumi sesak karena banyaknya malaikat yang turun.

Menurut Syekh Nawawi al-Bantani dalam "Marah Labid" kemuliaan Lailatul Qadar – salah satunya – terletak pada kadar ibadah di malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada ibadah seribu bulan yang tidak ada Lailatul Qadar di dalamnya.

Pandangan ini disampaikan oleh Imam Mujahid dengan dasar kisah dari Nabi SAW mengenai seorang bani Israil yang mendapatkan kebaikan setara seribu bulan manakala beribadah di malam Lailatul Qadar.



Pandangan serupa dituturkan al-Sa’adi dalam Tafsir al-Sa’adi. Menurutnya, surah al-Qadr [97] ayat 3 bermakna kemuliaan Lailatul Qadar sebanding dengan kemuliaan seribu bulan tanpa Lailatul Qadar. Ibadah yang dilakukan di dalamnya juga lebih baik daripada ibadah yang dilakukan dalam seribu bulan. Keistimewaan ini merupakan anugerah Allah swt bagi umat nabi Muhammad yang memiliki kelemahan seperti pendeknya umur.

Sedangkan menurut mayoritas ulama, kemuliaan Lailatul Qadar disebabkan karena Al-Qur’an turun padanya. Hal ini telah disyaratkan oleh AllahSWT pada surah al-Qadr ayat pertama, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.” Karena itulah, Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadar) lebih baik daripada seribu bulan yang di dalamnya tidak ada lailatul qadar.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)