Masa Iktikaf Telah Tiba, Inilah Adab-adabnya Saat Berada di Dalam Masjid

Sabtu, 23 April 2022 - 10:56 WIB
loading...
Masa Iktikaf Telah Tiba, Inilah Adab-adabnya Saat Berada di Dalam Masjid
Di waktu-waktu terakhir bulan Ramadhan, masjid-masjid akan dipenuhi orang-orang yang beriktikaf, termasuk anak-anak. Foto ilustrasi/SINDOphoto
A A A
Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri, waktu yang tersisa ini banyak dimanfaatkan umat muslim untuk beriktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf tersebut. Sebagai tempat suci, masjid menempati kedudukan yang tinggi sebagai tempat terbaik dan yang mulia. Karena itu, hendaknya seorang muslim yang berada di dalam masjid memperhatikan adab-adab -nya.

Dalam kitab 'Min Aadaabi al-Masajid', karya Abdullah bin Ahmad al-Alafah al-Ghamidiy menjelaskan tentang adab-adab yang harus diperhatikan ketika berada di dalam masjid. Di antaranya:

1. Menjaga Pakaian, badan dan mulut dari bau yang Tidak Sedap

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَكَلَ ثُومًا أَوْ بَصَلًا فَلْيَعْتَزِلْنَا أَوْ قَالَ فَلْيَعْتَزِلْ مَسْجِدَنَا وَلْيَقْعُدْ فِي بَيْتِهِ


Barangsiapa memakan bawang putih atau bawang merah, maka hendaklah ia menyingkir dari kami. Atau beliau bersabda “Menjauhi masjid kami dan hendaknya ia duduk saja di rumahnya” (HR. Bukhari dan Muslim)

مَنْ أَكَلَ اَلْبَصَلَ وَالثُّومَ وَالْكُرَّاثَ – فَلاَ يَقْرَبَنَّ مَسْجِدَنَا فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَتَأَذَّى مِمَّا يَتَأَذَّى مِنْهُ بَنُو آدَمَ


“Barangsiapa memakan bawang merah, bawang putih atau bawang bakung maka janganlah ia mendekati masjid kami. Karena malaikat juga merasa tertenggu dengan apa-apa yang membuat bani Adam merasa terganggu” (HR. Muslim)



2. Saat memasukinya berdoa memohon dibukakan pintu rahmatnya dan saat keluar darinya berdoa memohon karunianya

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ


“Apabila salah seorang di antara kalian masuk Masjid, maka hendaklah ia mengucapkan, “Ya Allah bukakanlah untukku pintu-pintu rahamat-Mu. Dan apabila ia keluar, maka hendaknya ia mengucapkan, “Ya Allah sesungguhnya Aku memohon kepada-Mu dari karunia-Mu” (HR. Muslim)

3.Menjaga diri dari tindakan menyekutukan Allah SWT

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا


“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah” ( QS. al-Jin: 18)

4.Mengenakan pakaian yang suci, bersih, dan menutup aurat

Allah Ta'ala berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)