Berikut Doa Berbuka Puasa, Silakan Pilih yang Anda Sukai

Sabtu, 25 April 2020 - 17:15 WIB
loading...
Berikut Doa Berbuka Puasa, Silakan Pilih yang Anda Sukai
Ilustrasi kaum muslimin memanjatkan doa sebelum berbuka puasa. Foto/Ist
A A A
Islam adalah agama yang mudah dan luas. Allah Ta'ala banyak menurunkan rukhshah (keringanan) dalam praktik ibadah termasuk dalam urusan berdoa. Bagi penuntut ilmu hendaknya mempelajari kaidah ilmu dengan bijak, tidak taqlid buta (mengikuti perkataan orang lain tanpa mengetahui sumbernya).

Setiap bulan Ramadhan selalu ada saja perdebatan mengenai lafaz doa berbuka puasa. Padahal perbedaan pendapat dalam ilmu furu'iyah (cabang syariat) adalah hal biasa. Seperti diketahui doa merupakan senjata kaum mukmin. Dalam hadis lain, Nabi SAW bersabda: "Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di sisi Allah ta'ala dari pada doa".

Berikut Doa Berbuka Puasa dalam Beberapa Versi:
Menurut Ustaz Farid Nu'man Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia), amalan doa berbuka puasa ada banyak versi. Di antaranya:

1. Allahumma Laka Shumtu…

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

"Dari Mu'adz bin Zuhrah, bahwa dia menyampaikan, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam; jika berbuka puasa dia membaca Allahumma Laka Shumtu, wa 'Ala Rizqika Afthartu."
Hadits ini diriwayatkan oleh:
– Imam Abu Daud, No. 2011, dari Muadz bin Zuhrah.
– Imam Al-Baihaqi, dalam Kitab As Sunan Al-Kubra, Juz. 4/ 239, dari Muadz bin Zuhrah
– Imam Thabarani, dalam Kitab Al-Mujam Al-Awsath, No. 7762, dari Anas bin Malik. Lihat juga kitabnya yang lain Al Mujam Ash Shaghir, No. 912, dari Anas bin Malik.
– Imam Al-Baihaqi, dalam Kitab Syu'abul Iman, No. 3747, dari Muadz bin Zuhrah Jadi.

Hadis di atas diriwayatkan oleh dua jalur, yakni Anas bin Malik dan Muadz bin Zuhrah. Namun, Syeikh Albany menyebutnya Hadis Mursal yaitu hadis yang terputus sanad (periwayatannya) setelah generasi tabi'in. Muadz bin Zuhrah ini seorang Tabiin, yang tidak langsung mendengar hadis ini dari sahabat Nabi. Kemudian Ibnul Qayyim juga mendhaifkannya.

2. Allahumma Laka Shumtu…

بسم الله و الحمد لله اللهم لك صمت و على رزقك أفطرت و عليك توكلت سبحانك و بحمدك تقبل مني إنك أنت السميع العليم

"Bismillah wal hamdulillah, Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa 'alaika tawakkaltu, subhanaka wa bihamdika taqabbal minni innaka antas samii’ul 'aliim." (Hadits dha'if, dari Anas bin Malik).

3. Allahumma Laka Shumtu...
Dari Ibnu 'Abbas RA:

كان إذا أفطر قال : اللهم لك صمت و على رزقك أفطرت فتقبل مني إنك أنت السميع العليم

"Adalah Rasululah jika berbuka, beliau mengucapkan: "Allahumma Laka Shumtu wa ‘Ala Rizqika Afthartu, Fataqabbal Minni Innaka Antas Samii’ul 'Aliim." Imam Al-Munawi mengatakan: Waahin jiddan (sangat lemah).

Lalu, Bolehkah Mengamalkan Doa ini?
Doa dalam hadis ini boleh dipakai. Sebab pada prinsipnya berdoa pada pada saat menjelang berbuka memang dianjurkan dengan doa apapun. Bahkan dengan doa susunan sendiri sesuai hajat kita.

Para Ulama mengatakan:

ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ إِلَى جَوَازِ كُل دُعَاءٍ دُنْيَوِيٍّ وَأُخْرَوِيٍّ ، وَلَكِنَّ الدُّعَاءَ بِالْمَأْثُورِ أَفْضَل مِنْ غَيْرِهِ

Mayoritas fuqaha berpendapat bolehnya setiap doa duniawi dan ukhrawi, tetapi doa yang ma'tsur lebih utama daripada selainnya. Para ulama kontemporer seperti Syeikh Utsaimin, Syeikh Abdul Muhsin Al 'Abbad, Syeikh Abdurrahman Al-Jazayri, dan lainnya juga membolehkan doa "Allahumma Laka Shumtu" ini. Dan masih banyak lagi ulama lainnya yang tidak mempermasalahkan menggunakan doa tersebut.

4. Membaca Bismillah.
Diriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah radhiallahu 'anhu:

فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

"Rasulullah SAW berkata kepadaku, "Wahai anak! sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang terdekat denganmu." (HR. Al-Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Ahmad)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)