Amalan Agar Hilang Sumpek dan Dimudahkan Segala Urusan

Rabu, 04 Mei 2022 - 12:05 WIB
loading...
Amalan Agar Hilang Sumpek dan Dimudahkan Segala Urusan
Agar hati tidak sumpek dan dimudahkan semua urusan dapat mengamalkan dzikir berikut. Foto/dok SINDOnews
A A A
Setiap orang pasti mendambakan hati yang lapang, jauh dari sumpek atau perasaan jengkel. Berikut amalan ringan yang dapat dibaca setiap selesai sholat.

Amalan ini sering diamalkan para Habaib dan ulama. Untuk diketahui, hati manusia berada dalam genggaman Allah dan Dia berkuasa untuk membolak-balikkannya.

Seperti sabda Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Wahai Ummu Salamah! Tidaklah ada seorang anak Adam (manusia) melainkan hatinya terletak di antara dua jari dari jari-jemari Allah, siapa yang Dia kehendaki lurus, maka Dia akan meluruskannya, dan siapa yang dia kehendaki akan menyimpang, maka dia akan menyimpangkannya." (HR At-Tirmidzi)

Agar hati tidak sumpek dan dimudahkan semua urusan, ada baiknya kita amalkan dzikir berikut. Amalan ini merupakan ijazah dzikir dari Syaikh Salim bin Sa'id Bawazier, murid Al-Habib Hasan bin Sholeh Al Bahr Al-Jufri.

Berikut Amalannya
Setelah selesai sholat kemudian membaca Istighfar 3 kali, lalu tangan kanan diletakkan ke dada sebelah kiri (agak ke bawah) dan membaca berikut:

1. Surat Al-Faatihah (dibaca satu nafas jika mampu)
2. Surat Al-Insyirah (Alam Nasyrah)

َلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ، وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ، الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَ، وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ، فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا، اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا، فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ، وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Alam nashrah laka shadrak. Wa wa dho'na 'anka wizrak. Alladzii anqada zahrak. Wa rafa'na laka zikrak. Fa inna ma'al usri yusra. Inna ma'al 'usri yusra. Fa iza faragh ta fansab. Wa ilaa Rabbika farghab. (QS Al-Insyirah Ayat 1-8)

3. Doa Nabi Musa 'Alaihissalam (Dibaca 3 Kali)

َبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli shadri, wa yassirli amrii, wahlul uqdatam millisaani yafqahu qauli.
Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thaha Ayat 25-28)

Barangsiapa yang mengamalkan ini setiap selesai sholat, insya Allah dihilangkan dari sumpek dan dimudahkan segala urusan. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)