Doa Sapu Jagad yang Sering Dibaca Rasulullah Lengkap Arab dan Artinya

Kamis, 26 Mei 2022 - 16:30 WIB
loading...
Doa Sapu Jagad yang Sering Dibaca Rasulullah Lengkap Arab dan Artinya
Salah satu fadhilah membaca doa sapu jagat adalah diberi kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Foto/Ist
A A A
Umat muslim pasti sudah tidak asing dengan doa yang satu ini. Doa ini sering disebut dengan doa sapu jagat. Inilah doa yang sering diamalkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW).

Fadilahnya sangat bermanfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat kita. Berikut bacaan doa sapu jagat lengkap dengan Arab dan artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, Aatina fid dunyaa hasanah, wa fil Aakhirati hasanah, wa qinaa 'Adzaaban-naar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan lindungilah kami dari siksa neraka."

Doa sapu jagat ini adalah lafal doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW. Intensitas yang tinggi menunjukkan betapa pentingnya doa ini. Hal ini dapat diketahui dari kesaksian para sahabat sebagaimana riwayat hadits berikut ini:

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

"Dari Anas, ia berkata, 'Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, Aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil Aakhirati hasanah, wa qinaa 'Adzaabannaar." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dilansir dari NU Online, lafal doa ini tidak hanya bersumber dari hadis semata, tetapi juga diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 201.

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Di antara mereka ada orang yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Makna Doa
Doa ini dianjurkan untuk dibaca karena memiliki makna yang mendalam. Nama doa ini juga dikenal dengan sebutan doa sapu jagat yang berarti singkat, padat, lengkap dan mencakup semua yang dihajatkan manusia.

"Hasanah" secara literal berarti baik, kebaikan. Maka arti "fi al Dunya Hasanah" adalah kebaikan di dunia. Dalam elaborasinya atas kata ini para ahli tafsir mengatakan bahwa kebaikan di dunia adalah kesejahteraan dan kebahagiaan yang meliputi tiga dimensi, yakni ruhani (mental dan spiritual), jasmani (tubuh, badan) dan sosial.

Sehingga dalam doa ini berisikan banyak dari permohonan kita selama berada di dunia dan nanti ketika sudah di akhirat. Doa ini biasanya kita dengar dimana mana, terutama di bagian penutupan. Baik seperti penutupan pidato maupun penutupan doa doa lainnya.

Jadi itulah doa sapu jagat lengkap Arab dan artinya, yang merupakan doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW agar selamat dunia akhirat.

Baca Juga: Doa Sapu Jagat untuk Meraih Tujuh Indikator Kebahagiaan Dunia
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)