alexametrics

Inilah Surah yang Dibaca Sahabat Setiap Bertemu dan Berpisah

loading...
Inilah Surah yang Dibaca Sahabat Setiap Bertemu dan Berpisah
Surah Al-Ashr merupakan surah yang agung dimana Allah Taala bersumpah menggunakan sesuatu yang berharga yaitu waktu. Foto/dok SINDOnews
Imam Asy-Syafi'i radhiyallahu 'anhu mengatakan apabila manusia mentadabburi, memahami surah yang satu ini, maka bagi mereka sudah lebih dari cukup. Surah ini tergolong surah pendek dan mudah untuk dihafal.

Namun, keutamaan dan kandungannya sangat dahsyat. Surah yang dimaksud adalah Surah Al-'Ashr terdiri dari 3 Ayat. Inilah Surah Makiyyah yang berbicara tentang berharganya waktu.
وَالۡعَصۡرِۙ (1) اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ (2) اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ (3)

"Demi Masa, sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran."(QS. Al-'Ashr). (Baca Juga: Keutamaan Orangtua yang Mengajari Anak Membaca Al-Qur'an)

Dari Abu Madinah Ad-Darimi, ia berkata:



كَانَ الرَّجُلانِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا الْتَقَيَا لَمْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَقْرَأَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ : ” وَالْعَصْرِ إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ” ، ثُمَّ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ

"Jika dua orang sahabat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam itu bertemu, mereka tidaklah berpisah sampai salah satu di antara keduanya membaca 'Wal 'Ashr Innal Insana Lafii Khusr..'. Lalu salah satu dari keduanya mengucapkan salam untuk lainnya". (HR. Abu Daud dalam Az-Zuhd No. 417, Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, 5 : 215; Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman, 6 : 501)

Menurut Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta Syeikh Ahmad Al-Mishri dalam kajian online di Masjid Raya Bintaro Jaya Tangerang Selatan, turunnya Surat Al-Ashr ini surat yang ke 13 sebagaimana Surat Al-'Alaq. Surat Al-'Alaq adalah surat yang pertama turun 5 ayat pertama. Tapi ternyata ketika dia turun di dalam susunan Al-Qur'an itu adalah di dalam Juz 30. Bukan sebelum Surat Al-Fatihah, karena susunan surat di dalam Al-Qur'an itu berdasarkan perintah dari Allah Ta'ala kepada Malaikat Jibril. Dari Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW, maka Surat Al-'Ashr ini adalah surat ke-13.

"Surat yang turun sebelum Surat Al-'Ashr adalah Surat Al-Insyirah dan kemudian turun Surat Al-Ashr surat ke-13. Surat yang turun setelah Surat Al-'Ashr adalah Surat Al-Adiyat. Ini dari segi turunnya, tapi kalau dalam susunan Al-Qur'an dia adalah surat ke 103," jelas Syeikh Ahmad. (Baca Juga: Membaca Shadaqallahul 'Azhim, Benarkah Bid'ah?)

Siapa yang Menjaga 4 Hal Ini, Ia Tidak Termasuk Orang Merugi
Surah Al-'Ashr merupakan surah yang agung dimana Allah Ta'ala bersumpah menggunakan sesuatu yang berharga yaitu waktu. Allah mengabarkan ada pengecualian di dalam surat ini. Semua manusia merugi, maksudnya adalah:
1. Kerugian di Dunia.
Kerugian di dunia adalah orang yang kerugian keluarganya, harta bendanya, dan lain-lain.

2. Kerugian di Akhirat.
Orang-orang yang benar merugi di Akhirat dia merugi ridha-Nya Allah Ta'ala, dia merugi Surga-Nya Allah Ta'ala.

Maka Allah Ta'ala mengingatkan, siapa yang benar-benar menjaga 4 hal ini, maka ia tidak termasuk orang yang merugi. Keempat hal tersebut yaitu:
1. Beriman.
2. Beramal saleh.
3. Mengajak kepada kebaikan.
4. Bersabar dalam kebaikan.

Kata Syeikh Ahmad, Allah Ta'ala mengatakan mengajak kepada kebaikan, bukan kepada iman. Kenapa bukan kepada amal saleh? Karena yang benar itu yang haq datang dari Allah Ta'ala dan Rasul-Nya saja. Maka haq itu adalah kebenaran, dan kebenaran itu adalah pasti dari Allah Ta'ala dan Rasul-Nya. Selain dari itu bisa ada benarnya, bisa ada salahnya.

Maka Allah Ta'ala mengatakan:

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

"Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran." (QS. Al-Ashr: 3). (Baca Juga: Keistimewaan dan Keutamaan Surah Yasin)

Ini artinya menunjukkan pentingnya kita memberi manfaat kepada orang lain. Ada orang belajar ilmu hafal agama, namun tidak mau berbagi kepada orang lain. Dia mengajarkan agama seperti memberi obat tetes mata, hanya memberikan sedikit, padahal banyak orang benar-benar membutuhkan ilmunya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya". (HR. Ahmad)

Inilah sebabnya Imam Asy-Syafi'i berkata kalau tidak ada surat turun kecuali surat yang terdiri dari 3 ayat sudah lebih dari cukup. Kenapa? Karena surah ini mengingatkan manusia dengan waktu, mengingatkan manusia bahwa semua manusia merugi kecuali yang beriman, beramal saleh, mengajak pada kebaikan dan bersabar dalam mengajak pada kebaikan.

Demikian keutamaan Surah Al-'Ashr. Semoga kita bisa mentadabburi dan mengamalkannya.(Baca Juga: Dahsyatnya Fadhillah Surah Al-Mulk, Dibaca Sebelum Tidur)

Wallahu Ta'alaA'lam
(rhs)
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

(QS. Ibrahim:40)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak