Begini Sikap Malaikat yang Melakukan Interogasi di Alam Kubur

Senin, 30 Mei 2022 - 15:18 WIB
loading...
Begini Sikap Malaikat yang Melakukan Interogasi di Alam Kubur
Si kafir berkata, Siapa kau? Wajahmu membawa kejahatan. Yang ditanya menjawab, Aku adalah amal burukmu. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Dalam hadis dari al-Barra' ibn 'Azib, Rasulullah SAW menuturkan bahwa malaikat bertanya kepada seorang mukmin , dan ia menjawabnya dengan baik.

Setelah itu, terdengar seruan dari langit, “Hamba-Ku benar. Beri dia pembaringan dari surga, berikan pakaian dari surga dan bukakanlah pintu menuju surga baginya!”

Nabi SAW melanjutkan, “Lalu ia diberikan wewangian dari surga , dan dilapangkan kuburnya sejauh pandangan mata. Malaikat mendatanginya (dalam riwayat lain: menyamar) dalam bentuk lelaki yang tampan, bajunya bagus, baunya wangi, dan berkata, “Bergembiralah dengan kemudahan yang telah kau terima (bergembiralah dengan ridha Allah dan surga yang berisi kenikmatan abadi). Ini adalah hari yang telah dijanjikan untukmu.”



Lalu ia (si mukmin) berkata, “Siapakah engkau? Wajahmu penuh kebaikan".

Ia menjawab, “Aku adalah amal salehmu (Demi Allah, yang aku tahu, engkau cepat dalam ketaatan, lambat dalam maksiat. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan!)."

Kemudian dibukakan baginya pintu surga dan pintu neraka , lalu dikatakan, "Ini tempatmu bila mendurhakai Allah. Allah membalas maksiatmu dengan neraka ini. Ketika ia melihat surga, ia berdoa, Ya Tuhan, percepatlah datangnya kiamat agar aku dapat berkumpul kembali dengan keluarga dan hartaku."

Lalu dikatakan kepadanya, “Tenanglah!”

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa orang kafir atau jahat, setelah memberi jawaban yang salah, terdengar seruan di langit, “Ia telah berdusta. Siapkanlah tempat tidur dari api neraka dan bukalah pintu menuju neraka!”

Panas dan racun neraka mendatanginya, dan kuburan menjepitnya hingga tulang-tulangnya remuk. Lalu datanglah kepadanya (dalam riwayat lain: menyamar) seorang lelaki yang buruk wajahnya, kumal pakaiannya, busuk baunya, lalu berkata, “Bergembiralah dengan sesuatu yang menyengsarakanmu! Inilah hari yang telah dijanjikan bagimu.”

Si kafir berkata, “Siapa kau? Wajahmu membawa kejahatan.”

Yang ditanya menjawab, “Aku adalah amal burukmu (Demi Allah, yang aku tahu, engkau lambat dalam menaati Allah dan cepat dalam berbuat maksiat. Semoga Allah membalasmu dengan kejahatan!).”



Kemudian Allah menjadikannya buta, tuli, bisu. Di tangan malaikat ada potongan besi yang jika dipakai untuk memukul gunung, gunung itu akan hancur jadi debu. Malaikat memukul si kafir dengan alat itu sampai menjadi debu.

Kemudian bentuknya dikembalikan lagi seperti semula, lalu ia dipukul lagi sampai ia berteriak histeris yang terdengar oleh segala sesuatu kecuali manusia dan jin.

Kemudian dibukakan pintu neraka dan disiapkan untuknya tempat tidur dari neraka. Ia berteriak, “Ya Tuhan, jangan kau datangkan hari kiamat.”

Dalam hadis Anas disebutkan bahwa seorang mukmin setelah menjawab pertanyaan malaikat dengan benar di dalam kubur, kepadanya dikatakan, “Lihatlah tempat tinggalmu di neraka. Namun Allah menggantinya dengan surga.”

Ia melihat neraka dan surga. Qatadah berkata, “Ada riwayat bahwa kuburnya dilapangkan”.

Dalam hadis Anas juga disebutkan bahwa orang kafir dan munafik setelah menjawab dengan salah di dalam kubur, kepadanya dikatakan, “Kau tidak mengetahui dan tidak mengikuti.”

Kemudian ia dipukul dengan palu besi pada bagian di antara dua telinganya. Ia menjerit histeris hingga terdengar oleh yang di sekitarnya kecuali manusia dan jin. (HR Bukhari dan Muslim).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)