Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Sholat Jumat

Kamis, 02 Juni 2022 - 21:19 WIB
loading...
Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Sholat Jumat
Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jumat adalah mandi sebelum melaksanakan sholat Jumat. Foto/dok moeslim choice
A A A
Sebagian muslim mungkin belum mengetahui tata cara dan niat mandi sholat Jumat. Mandi untuk sholat Jumat merupakan Sunnah Nabi yang sangat dianjurkan.

Amalan ini memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Apalagi Jumat dikenal sebagai hari yang sangat istimewa. Terkhusus untuk laki-laki yang sudah baligh, mereka diwajibkan melaksanakan sholat jumat.

Dalam Hadits disebutkan:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya." (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Dalam hal ini, mandi sebelum sholat jumat sangat dianjurkan, walaupun tidak ada kewajiban untuk melaksanakannya. Untuk pelaksanaannya sendiri, Syaikh M Nawawi mengatakan bahwa waktu mandi Jumat ini bisa dilakukan dari terbit fajar shadiq sampai khatib naik mimbar untuk berkhotbah.

Berikut tata cara dan niat mandi sholat Jumat lengkap bacaan Arab dan artinya dilansir dari Jabar NU online.

Lafaz Niat Mandi Sebelum Sholat Jumat

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholatil Jum'ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa”.
Artinya: "Aku berniat mandi untuk menghadiri shalat jumat, sunnah karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Mandi Jumat
1. Membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali.
2. Mulai membersihkan sekujur badan dari kotoran atau najis yang mungkin menempel.
3. Setelah itu, mulai mandi dengan mengguyurkan air ke kepala terlebih dahulu sebanyak tiga kali. Saat melakukannya, barengi dengan berniat mandi Jumat.
4. Kemudian, siramkan air untuk mengguyur badan sebelah kanan. Lakukan sebanyak tiga kali. Lanjutkan dengan mengguyur badan sebelah kiri sebanyak tiga kali juga.
5. Setelah itu guyur sekujur badan dengan air. Bersihkan juga tubuh bagian belakang dan depan sebanyak tiga kali. Selain itu, jangan lupa juga bersihkan sela-sela rambut dan lipatan-lipatan kulit.
6. Berwudhu

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7272 seconds (0.1#10.140)