8 Hal Wajib Dilakukan Orang yang Akan Berangkat Haji, Pertama Bayar Utang Dulu

Rabu, 08 Juni 2022 - 05:15 WIB
loading...
8 Hal Wajib Dilakukan Orang yang Akan Berangkat Haji, Pertama Bayar Utang Dulu
Ada 8 hal yang wajib dilakukan sebelum berangkat haji. Foto/Ilustrasi: Pikiranrakyat.com
A A A
Ulama Saudi Arabia, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin, dalam buku "Fatwa-Fatwa Haji dan Umrah oleh Ulama-Ulama Besar Saudi Arabia" menyebut 8 hal yang perlu dilakukan seseorang yang akan berangkat haji .

"Barangsiapa bertujuan melakukan perjalanan panjang untuk haji atau yang lainnya hendaknya melakukan 8 hal ini," ujarnya dalam buku yang disusun Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnad tersebut.



1. Harus membayar utangnya atau minta izin orang-orang yang memberikan piutang, jika dia mengetahui mereka telah membutuhkan sesuatu yang diutangkan. Kemudian menuliskan wasiat-wasiat dan harta miliknya yang terdapat pada orang lain dan utang-utangnya yang harus ia bayar.

2. Melakukan salat istikharah seraya berdoa kepada Allah untuk diberikan-Nya pilihan terbaik, dan dia melaksanakan apa yang menjadikan kelapangan dadanya.

3. Memilih kawan-kawan yang saleh dari orang-orang yang berilmu dan pandai dalam agama

4. Membawa buku-buku tentang ibadah haji, atau buku lainnya yang berguna bagi dirinya dan kawan-kawannya. Juga membawa bekal yang cukup untuk dirinya atau kawan-kawannya, jika perlu, seraya memperhatikan bahwa segala bekal yang digunakan untuk haji benar-benar dari hasil yang halal.



5. Berpamitan kepada keluarga dan kawan-kawan ketika akan berangkat haji seraya masing-masing mengucapkan: “Artinya: Aku titipkan kepada Allah agama dan amanatmu, serta segala akhir amalmu” [HR Ahmad dan Tirmidzi]

6. Niat melakukan haji dan umrah karena Allah dan tidak terpengaruh pujian atau kecaman siapa pun.

7. Selama dalam perjalanan pergi dan pulangnya selalu melakukan kewajiban-kewajiban agama dan ibadah-ibadah sunnah juga memberikan nasihat kepada kawan-kawannya dan menyerap ilmu dari orang-orang yang pandai.

8. Berupaya keras menyempurnakan kewajiban-kewajiban haji dan umrah, serta memperbanyak amal saleh yang mampu dilakukan karena ingin mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah Ta’ala. Wallahu a’lam

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)