Kumpulan Artikel: Wajib Haji

  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Melihat Kembali Jejak Kita di Muzdalifah Sampai saat Melempar Jumrah
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 12:18 WIB
    Ketika engkau pergi ke Muzdalifah dan mencapai keinginanmu, apakah engkau sudah meniadakan semua hawa nafsumu? tanya Imam Junaid. Saat engkau datang ke Mina, apakah semua keinginanmu sirna?
  • Ini Hal-Hal yang Dilakukan Jamaah Haji pada Hari Nahar, 10 Zulhijah
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:18 WIB
    Amal yang utama yang dilakukan jamaah haji pada hari nahar atau 10 Zulhijah sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW antara lain adalah melontar jumrah aqabah sebanyak tujuh kali.
  • Mabit di Mina: Berapa Lama dan Bagaimana Hukum Bermalam di Luar Mina
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Jamaah haji yang karena berhalangan menurut syari, misalnya karena Mina penuh sesak sehingga tidak bisa mabit atau menginap di Mina maka boleh menginap di luar Mina dan tidak terkena kifarat.
  • Syarat Sah Tawaf: Menutup Aurat dan Bersuci dari Hadas
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:40 WIB
    Tawaf harus memenuhi syarat-syarat antara lain menutup aurat dan bersuci dari hadas. Perihal menutup aurat yang dimaksud di sini adalah menutupi aurat yang bisa mengesahkan sholat.
  • Pendapat Ulama tentang Thawaf: Haruskah Dimulai dari Hajar Aswad
    Tips
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:22 WIB
    Nabi Muhammad SAW memulai thawaf dari Hajar Aswad kemudian thawaf tujuh putaran. Namun para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya dalam tiga pendapat.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Lempar Jumrah dengan Batu Bekas Lontaran Orang Lain?
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Sebagian orang mengatakan tidak boleh melontar dengan batu yang telah digunakan melontar. Mereka yang berpendapat demikian memiliki tiga alasan. Apa saja?
  • Kewajiban Haji: Bolehkah Melontar Jumrah Sebelum Azan Zuhur
    Tips
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Nabi Muhammad SAW melontar pada hari tasyriq ketika matahari telah condong ke barat. Jika melempar jumrah dilakukan sebelum itu, maka wajib menyembelih kurban di Mekkah.
  • Kewajiban Haji: Hukum Melontar Jumrah pada Malam Hari
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.
  • 8 Hal Wajib Dilakukan Orang yang Akan Berangkat Haji, Pertama Bayar Utang Dulu
    Tips
    Rabu, 08 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin menyebut 8 hal yang perlu dilakukan seseorang yang akan berangkat haji. Pertama adalah harus membayar utangnya dulu.
  • Rasulullah SAW Sempat Menunda Haji, Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 18:12 WIB
    Haji diwajibkan pada tahun 9 H, yaitu pada saat banyaknya delegasi yang datang kepada Rasulullah SAW dan yang pada saat itu diturunkan surat Ali-Imran ayat 97.
  • Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.