Bacaan Sholawat Ummi dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat

Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:37 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Ummi dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat
Bacaan sholawat Ummi di hari Jumat sebanyak 80 kali dapat menggugurkan dosa selama 80 tahun. Foto/dok Channel Al Faedah
A A A
Berikut bacaan Sholawat Ummi dan keutamaan membacanya di hari Jumat. Lafaz sholawat ini cukup populer di kalangan ulama karena fadhilahnya luar biasa.

Anjuran memperbanyak sholawat pada Hari Jumat diketengahkan dalam Hadis Nabi berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti". (HR Al-Baihaqi)

Bagi yang ingin menghidupkan sholawat di hari Jumat, ada satu lafaz sholawat yang memiliki keutamaan dahsyat. Sholawat ini dikenal dengan nama "Sholawat Ummi".

Barangsiapa yang membaca Sholawat Ummi ini sebanyak 80 kali di hari Jumat, maka Allah akan mengampuni dosanya selama 80 tahun.

Berikut sabda Nabi dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimana cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali".

Derajat Hadis:
Menurut Al-Hafizh Al-Iraqi sebagaimana dikutip oleh Al-Hafizh Assakhawi adalah Hadis Hasan. Menurut Imam Ibnu An-Nu'man juga Hadis Hasan.

Berikut Bacaan Sholawat Ummi:

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ

Allahumma Sholli 'Alaa Muhammadin 'Abdika wa Rosulika An-Nabiyyil Ummi.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)