7 Tanda Hati Sudah Mati, Nomor 2 Sering Tak Disadari

Sabtu, 02 Juli 2022 - 01:08 WIB
loading...
7 Tanda Hati Sudah Mati, Nomor 2 Sering Tak Disadari
Salah satu tanda hati sudah mati tidak ada rasa penyesalan atas dosa dan maksiat yang pernah dilakukan. Foto/dok pinterest
A A A
Hati (qalbu) adalah anggota tubuh yang wajib dijaga karena Allah tidak melihat rupa dan harta seseorang, melainkan melihat hati dan amalannya. Jika hati seseorang baik, maka baik pula seluruh jasadnya dan jika hatinya rusak maka rusaklah seluruh anggota tubuhnya.

Tanda dan ciri hati yang mati perlu diketahui umat muslim. Ada tujuh tanda hati seseorang sudah mati. Dari ketujuh tanda ini, nomor dua sering tidak disadari sebagian orang. Semoga Allah menjauhkan kita dari perkara ini.

1. Meremehkan Sholat dan Berani Meninggalkannya
Tanda orang yang hatinya mati sering meremehkan urusan sholat. Bahkan berani meninggalkannya tanpa ada rasa penyesalan. Padahal sholat adalah kewajiban dan pembeda seorang muslim dan orang kafir. Dalam satu Hadis disebutkan: "Barang siapa yang memelihara sholat, maka sholat akan menjadi cahaya baginya, bukti dan keselamatan kelak di hari kiamat. Dan barangsiapa yang tidak memeliharanya, sholat itu tidak akan menjadi cahaya, bukti maupun keselamatan baginya sedangkan di hari kiamat ia akan dikumpulkan bersama Fir'aun, Qarun, Haman, dan Ubay bin Khalaf."

Allah berfirman dalam Al-Qur'an :

مَا سَلَكَكُمْ فِيْ سَقَرَ ، قَالُوْا لَمْ نَكُ مِنَ المُصَلِّينَ

Artyinya: "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat." (QS. Al-Mudatsir: 42-43)

2. Merasa Tenang Walaupun Setiap Hari Melakukan Dosa dan Maksiat
Orang yang sering berbuat maksiat merupakan salah satu ciri kalau hatinya sudah mati. Tidak ada rasa penyesalan meskipun sering berbuat dosa. Hatinya menjadi berkarat dan keras akibat dosa dan maksiat yang dilakukannya setiap hari. Allah berfirman:

كَلاَّ بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوْبِهِمْ مَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Artinya: "Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya segala dosa yang selalu mereka lakukan telah menutup hati mereka." (QS Al-Muthaffifin: 14)

3. Jauh dari Al-Qur'an
Dalam kesehariannya tidak ada waktu untuk menyentuh Al-Qur'an, membaca dan mentadaburi maknanya. Hari-harinya sibuk dengan urusan dunia sehingga jauh dari Al-Qur'an. Firman Allah:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

Artinya: "Maka kenapakah mereka tidak mau memerhatikan Al-Qur'an bahkan hati mereka sebenarnya telah terkunci." (QS Muhammad: Ayat 24)

4. Condong kepada Urusan Dunia
Mereka sering menghabiskan waktu dengan urusan dunia. Ia mengutamakan urusan dunia seakan-akan dunia kekal baginya. Padahal Allah Ta'ala berfirman:

بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا * وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Artinya: "Bahkan kalian lebih mengutamakan kehidupan dunia, padahal kehidupan Akhirat itu lebih baik dan lebih kekal." (QS Al-A'laa: 16-17)

5. Suka Berprasangka Buruk dan Mencari Kesalahan Orang Lain
Ciri lain hati yang mati adalah suka mencari-cari kesalahan orang lain. Pikirannya selalu suuzhon atau berprasangka buruk. Allah mengingatkan hal ini dalam Al-Qur'an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلا تَجَسَّسُوا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman. Tinggalkan perangai suka sangka buruk kerana sangka buruk itu adalah dosa dan jangan kamu mencari-cari salah orang lain." (QS Al-Hujurat: 12)

6. Enggan Belajar Agama dan Tak Suka dengan Nasihat
Ciri hati yang mati berikutnya adalah enggan belajar agama. Dalam hatinya tidak terbersit untuk belajar ilmu syariat. Ia tidak suka menerima nasihat dan malah membencinya. Hatinya keras dan sombong. Padahal agama adalah Nasihat. Allah berfirman:

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالأنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ (١٧٩
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)