7 Tanda Hati Sudah Mati, Nomor 2 Sering Tak Disadari

Sabtu, 02 Juli 2022 - 01:08 WIB
loading...
A A A
Artinya: "Dan sungguhnya akan Kami isikan dalam neraka Jahanam kebanyakan dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka seperti binatang bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai dari mendengar kebenaran." (QS Al-A'raf: 179)

7. Tidak Mau Memikirkan Mati dan Azab Kubur
Tanda orang yang hatinya mati biasanya tidak mau mengambil iktibar dari peristiwa kematian. Bahkan ia tidak takut dengan azab kubur.Firman Allah:

وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ

Artinya: "Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya (mereka berkata), "Wahai Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal solih. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin (tetapi mereka sudah terlambat)." (QS As-Sajadah: 12)

Demikian tujuh tanda orang yang hatinya mati. Sebenarnya masih banyak lagi tanda-tanda lainnya. Penyebab hati mati biasanya karena menuruti hawa nafsu dan kesenangan dunia. Semoga Allah menjauhkan kita dari perkara ini.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)