9 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Nomor Terakhir Paling Disukai

Kamis, 07 Juli 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Nabi bersabda : "Sholat seorang lelaki seranya berjamaah melebihi shalatnya sendirian sebanyak 25 derajat. Apabila ia mengerjakannya di tanah tandus dan menyempurnakan niat wudhu, rukuk dan sujudnya maka sholatnya mencapai 50 derajat."

7. Terbukanya Pintu Rezeki
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, selepas sholat Subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah radhiyallahu 'anha tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan berkata: "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rezeki hamba antara sholat Subuh dan terbitnya matahari."

8. Dalam Jaminan dan Perlindungan Allah
Orang yang melaksanakaan sholat Subuh berjamaah akan mendapat perlindungan dan jaminan dari Allah Ta'ala. Hal ini ditegaskan oleh Nabi dalam sabda berikut:

مَن صلَّى الصبح، فهو في ذمة الله، فلا يَطلُبَنَّكم الله من ذمَّته بشيء؛ فإن من يطلُبهُ من ذمته بشيء يدركه، ثم يَكُبه على وجهه في نار جهنم

Artinya: "Barang siapa yang melaksanakan sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka." (HR Muslim)

9. Masuk Surga Tanpa Hisab
Siapa yang menjaga sholat Subuh berjamaah maka ia akan masuk surga tanpa hisab. Dalam satu hadis, sholat Subuh disebut juga dengan istilah Sholat Bardain selain sholat Ashar.

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Artinya: "Siapa yang melaksanakan sholat Bardain maka ia masuk surga." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Riwayat lain menyebutkan:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى البرْدَيْنِ في الجَمَاعَةِ دَخَلَ الجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ}.

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa sholat Subuh dan 'Ashar secara berjamaah maka dia akan masuk surga tanpa hisab".

Demikian 9 keutamaan sholat Subuh berjamaah tepat waktu. Semoga Allah memudahkan kita untuk melaksanakannya.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)