5 Tahapan Kehidupan Menurut Al-Qur'an, Akhirat Ujung dari Semuanya

Selasa, 12 Juli 2022 - 19:39 WIB
loading...
A A A


Syaikh Al-Utsaimin mengatakan beriman dengan segala yang dikabarkan Nabi SAW dari perkara yang akan terjadi setelah kematian, semua ini masuk dalam keimanan dengan hari akhir.

Menurutnya, yang demikian itu, karena manusia apabila telah mati dia akan memasuki hari akhir tersebut, sehingga dikatakan: Orang yang telah mati itu telah terjadi kiamatnya. Dan segala sesuatu yang terjadi setelah kematian adalah termasuk bagian dari hari akhir.

"Kalau demikian betapa dekatnya hari akhir dengan kita, tidaklah ada pembatas antara kita dengan hari akhir kecuali kematian," katanya.

"Kemudian dia masuk ke dalam hari akhir yang mana tidak ada di sana kecuali balasan­balasan amalan. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk memperhatikan perkara ini. Pikirkanlah wahai manusia! Engkau dapati dirimu dalam bahaya, karena maut itu tidak seorangpun di antara kita yang mengetahui kedatangannya," lanjutnya.

Terkadang seseorang keluar rumahnya akan tetapi dia tidak kembali lagi ke rumahnya. Terkadang ada manusia yang duduk di atas kursi kantornya tetapi dia tidak bisa bangkit lagi darinya.

Terkadang seseorang tidur di atas kasurnya akan tetapi tidurnya membawanya ke tempat pemandian jenazah. "Dan ini adalah perkara­perkara yang mewajibkan kita untuk memanfaatkan kesempatan umur kita agar bertaubat kepada Allah dan manusia itu terus menerus merasakan dirinya bertaubat kepada Allah dan kembali kepadaNya," demikian Syaikh Al-Utsaimin.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)