7 Janji Allah untuk Para Penghafal Qur'an

Minggu, 17 Juli 2022 - 07:30 WIB
loading...
7 Janji Allah untuk Para Penghafal Quran
Salah satu keutamaan para penghafal Quran yaitu mendapat kedudukan mulia di Akhirat. Mereka termasuk orang-orang yang istimewa di sisi Allah. Foto/Ist
A A A
Sungguh beruntung orang tua yang memiliki anak penghafal Qur'an (hafiz dan hafizah). Allah 'Azza wa Jalla menganugerahi mereka dengan banyak kemuliaan.

Ada 7 janji Allah untuk para penghafal Qur'an yang patut kita ketahui. Selain mendapat pahala berlipat, para Hafiz memiliki kedudukan mulia di Akhirat.

Pada zaman Rasulullah, para Hafiz selalu mendapat kedudukan terhormat, salah satunya sering dipercaya memimpin delegasi. Rasulullah SAW menguji dan bertanya kepada sahabat seputar hafalan Qur'an-nya. Selanjutnya Beliau memilih sahabat berdasarkan penguasaan hafalannya.

Dalam satu Hadis disebutkan: "Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga dari golongan manusia..." Kemudian Anas radhiyallahu 'anhu berkata: "Siapakah mereka wahai Rasulullah?" Baginda Nabi manjawab: "Yaitu ahli Qur'an (orang yang membaca dan menghafal Qur'an serta mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah." (HR Ahmad)

Inilah 7 janji Allah untuk para penghafal Qur'an:

1. Diberi Mahkota Kehormatan
Allah akan memberikan kepada hafiz di Akhirat berupaa mahkota kehormatan. Dalam satu Hadis dari Abu Hurairah ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, orang yang menghafal Al-Qur'an kelak akan datang dan Al-Qur'an akan berkata: "Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru." Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan. Al-Quran berkata lagi: "Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya." Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Al-Qur'an berkata lagi: "Wahai Tuhan, ridhailah dia." Maka kepadanya dikatakan, "Baca dan naiklah." Dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan." (HR At-Tirmidzi)

2. Dikumpulkan Bersama Malaikat Mulia
Janji Allah berikut kepada para Hafiz adalah akan dikumpullan bersama Malaikat yang mulia lagi taat. Rasulullah SAW bersabda: "Dan perumpamaan orang yang membaca Qur'an sedangkan ia hafal ayat-ayat-Nya bersama para Malaikat yang mulia dan taat." (Muttafaqun 'Alaih)

3. Ditinggikan Derajatnya di Surga
Para hafiz pun akan ditinggikan derajatnya saat berada disurga. Hal ini dikemukakan dala Hadit dari Abdillah bin Amri bin 'Ash, Rasulullah SAW bersabda: "Akan dikatakan kepada shahib Qur'an: "Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al-Qur'an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca." (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi)

4. Mendapat Syafa'at dari Al-Qur'an
Para Hafiz akan mendapatkan Syafa'at (pertolongan) pada Hari Kiamat. Dari Abi Umamah, ia berkata: "Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, 'Bacalah Qur'an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari Kiamat bagi para pembacanya (penghafal)." (HR Muslim)

5. Kedua Orangtuanya Diberi Mahkota dan Pakaian Kemuliaan
Tak hanya para hafiz yang diberi mahkota di Akhirat kelak, orang tua para penghafal Qur'an juga akan mendapatkan kemuliaan. Dari Buraidah AlAslami ia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Al-Qur'an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari Kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya: 'mengapa kami dipakaikan jubah ini?' Dijawab: "Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian mempelajari Al-Qur'an." (HR Al Hakim)

6. Pahalanya Disempurnakan Allah
Janji Allah berikutnya adalah para penghafal Al-Qur'an akan senantiasa mendapat karunia dari Allah. Berikut firman Allah dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (ahli Qur'an) dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." (QS Faathir: 29-30)

7. Memberi Syafaat kepada 10 Anggota Keluarganya
Dari Ali karamallahu wajhah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan menghafalnya, lalu menghalalkan apa yang dihalalkannya dan mengharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah Ta'ala akan memasukannya ke dalam Surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafa'at (pertolongan) kepada sepuluh orang keluarganya yang kesemuanya telah diwajibkan masuk neraka." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Demikian 7 janji Allah untuk penghafal Qur'an. Sebenarnya masih banyak keutamaan dan keistimewaan para Hafiz. Tidak dipungkiri, orang yang mencintai Kitabullah dan mengisi hari-harinya dengan Al-Qur'an, maka hidupnya akan berkah dan berada dalam kasih sayang Allah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)