alexametrics

Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama

loading...
Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama
Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (tengah) bersama Habib Jindan bin Novel Salim Jindan (pimpinan Yayasan Al-Fachriyah), dan Habib Muhammad bin Husein BSA saat peletakan batu dan tasyakur dimulainya pembangunan Ponpes Al Hawthah Al Jindaniyah di Bogor
Kabar gembira bagi kaum muslim di Tanah Air yang ingin merasakan nuansa belajar seperti di negeri Hadhramaut, Yaman. Sebuah Pondok Pesantren (Ponpes) dengan konsep Al-Hawthah Hadhramaut akan hadir di daerah Bogor, Jawa Barat.

Pimpinan pesantren, Al-Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan memberi nama pondok pesantrennya "Al-Hawthah Al-Jindaniyah". Alhamdulillah, Senin lalu, 22 Juni 2020 bertepatan dengan 1 Dzulqa'dah 1441 Hijriyah telah dilakukan peletakan batu sekaligus tasyakur untuk memulai pembangunan gedung asrama dan ruang belajar santri serta rumah para guru. Ini merupakan pembangunan gedung besar pertama Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah setelah melalui beberapa tahap proses studi dan perencanaan dari konsultan pembangunan.

"Pembangunan ini sendiri sedikit mundur dari rencana jadwal, terkendala situasi pembatasan pandemi dan pematangan rencana bersama tim konsultan untuk mendapatkan bangunan dan sistem lingkungan yang tepat dan baik," kata Habib Ahmad yang juga cucu ulama besar Al-Habib Salim bin Jindan.
Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama

Tasyakur digelar secara sederhana mengambil keberkahan pembacaan maulid serta doa dihadiri Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan (pimpinan Yayasan Al-Fachriyah), Al-Habib Muhammad bin Husein BSA, orang tua dan keluarga besar dari Al-Fachriyah, tim pembangunan, serta para santri baru. (Baca Juga: Anggaran Rp2,36 Triliun untuk Pesantren Dinilai Belum Mencukupi)



Habib Jindan bin Novel Salim Jindan yang juga kakak dari Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan dalam nasehatnya memberikan dorongan semangat kepada santri dan kepada yang hadir untuk mengambil peran dalam dakwah. Dakwah hakikatnya luas, bukan hanya mengajarkan agama Allah dan tuntunan Rasulullah SAW. Bahwa setiap orang bisa mengambil peran, membantu dan berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.
Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama

Pada acara itu, hadir pula Al-Habib Muhammad bin Husein melantunkan syair indah sebagai dorongan semangat dan doa untuk keberkahan Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah. "Sebagaimana semangat yang terus kami terima dari para guru, sahabat, dan antum semua yang telah memberikan doa, perhatian, dukungan, donasi bagi Al Hawthah Al Jindaniyah. Mohon dukungan selalu agar pembangunan gedung ini dapat terlaksana dengan lancar. Jazakumullah khairan katsiron," kata beliau.

Gagasan Besar Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan
Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah merupakan buah pemikiran dan gagasan besar dari Al Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan yang mengambil inspirasi dari konsep Al Hawthah Hadhramaut, Yaman. Al Hawthah bermakna wilayah yang ditandai sebagai wilayah khusus dan memiliki otoritas sendiri, wilayah suci dengan aturan khusus. (Baca Juga: Hadhramaut, Negeri Wali Pencetak Ulama dan Dai Nusantara)

Al Hawthah Al Jindaniyah akan berdiri di area permukiman (perumahan) di daerah Tajur Halang Bogor, Jawa Barat. Tanah Al Hawthah Al Jindaniyah adalah hibah dan wakaf dari seorang yang mendukung penuh dakwah yang diadakan Al Hawthah Al Jindaniyah. Al Hawthah Al Jindaniyah akan menjadi pusat kegiatan keagamaan dengan manhaj Ahlus-Sunah Wal Jama'ah, Mazhab Imam Syafi'i, Aqidah Asy'ariyah, serta Thariqah Alawiyah.

Al Hawthah Al Jindaniyah akan dimakmurkan dengan serangkaian kegiatan dakwah, melanjutkan kegiatan dakwah yang telah dirintis Al Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan dari kurun waktu 2001 hingga 2019. Di antaranya adalah memimpin Ponpes Al-Fachriyah Tangerang bersama sang kakak Al-Habib Jindan bin Novel bin Jindan, mendirikan dan mengelola majelis-majelis taklim di wilayah Jabodetabek. Kemudian, safari dakwah dan seminar ilmiah ke berbagai penjuru Indonesia dan Asia Tenggara. Juga menjadi salah satu anggota pendiri Perpustakaan Kanzul Hikmah dan mengelolanya bersama beberapa tokoh-tokoh Alawiyyin Indonesia.

Al Hawthah Al Jindaniyah bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial ekonomi, dan kemanusiaan. Untuk tujuan itu, akan dibangun sejumlah sarana seperti masjid, gedung kegiatan belajar mengajar, pondok santri dan pondok guru, perpustakaan, gedung unit usaha, area parkir, dan sarana pendukung lainnya. Semua sarana tersebut, akan dibangun dan dipadukan dengan rencanaprogram yang disusun secara matang. Yayasan AlHawthah Al Jindaniyahberdiri pada tanggal 25 April 2019/20 Sya'ban 1440 H.
Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama

Saat ini proses pembangunan memasuki tahap kedua (Desember 2019-Desember 2020) dengan proyek bangunan Masjid, asrama, dan bangunan rumah pengaja. Kemudian tahap ketiga (Juli 2020-Juli 2021), pembangunan Gedung Daar Al Hadits dan infrastruktur jalan. Selanjutnya tahap keempat, pemanfaatan linkungan pesantren di antaranya pertokoan, perkebunan, peternakan, pusat bisnis dan usaha santri.

Bagi yang ingin ikut andil dalam mendukung pembangunan pesantren ini, insya Allah akan mendapat ganjaran pahala berlipat ganda. "Perumpamaan orang-orang yang bersedekah di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui". (QS. Al-Baqarah: 261)

"Partisipasi donasi dapat ditransfer melalui Bank Syariah Mandiri No. Rek 7129638901 a/n YAYASAN AL HAWTHAH AL JINDANIYAH. Atau Bank BCA No. Rek 1284250519 a/n YAY AL HAWTHAH AL JINDANIYAH," kata Habib Ahmad. (Baca Juga: DPR Setujui Kenaikkan Dana Bantuan Operasional Pesantren)
Bangun Ponpes Bernuansa Hadhramaut Yaman, Habib Ahmad Letakkan Batu Pertama

Beginilah gambaran Pondok Pesantren Al Hawthah Jindaniyah yang bakal hadir di Bogor Jawa Barat. Pesantren ini merupakan gagasan besar Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan yang mengambil konsep Al-Hawthah Hadhramaut Yaman. Foto/dok Al Hawthah Al Jindaniyah
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اتَّقَوۡا اِذَا مَسَّهُمۡ طٰۤٮِٕفٌ مِّنَ الشَّيۡطٰنِ تَذَكَّرُوۡا فَاِذَا هُمۡ مُّبۡصِرُوۡنَ‌ۚ
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.

(QS. Al-A’raf:201)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak