Begini Isi Khutbah Iblis kepada Manusia di Neraka

loading...
Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir“. ( QS Az-zumar : 71).

Ketika neraka jahannam sudah melihat orang-orang yang akan dimasukkan ke dalamnya dari kejauhan, neraka kemudian semakin bergejolak dan membara tidak sabar menanti kedatangan mereka, Allah SWT berfirman:

إِذَا رَأَتۡهُم مِّن مَّكَانِۢ بَعِيدٖ سَمِعُواْ لَهَا تَغَيُّظٗا وَزَفِيرٗا

“Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya” ( QS Al Furqan : 12).

Baca juga: Inilah Talbis Iblis Terhadap Kaum Khawarij

Sumpah Iblis
Khutbah iblis di hari kiamat kelak bisa menjadi renungan bersama agar tidak menjadi orang-orang yang merugi di akhirat. Sebab, ketika dilaknat dan dikeluarkan dari surga oleh Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam, iblis bersumpah untuk menyesatkan anak cucu Adam hingga akhir zaman.

Iblis telah memohon kepada Allah agar ditangguhkan ajalnya hingga hari kiamat, dan Allah mengabulkan doa iblis. Kisah tersebut diabadikan di dalam Al-Qur’an,

قَالَ رَبِّ فَأَنظِرۡنِيٓ إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ ٣٦ قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ ٱلۡمُنظَرِينَ

“Berkata iblis: " Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.”

“Allah berfirman: "(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh ” ( QS Al Hijr : 36-37).

Setelah itu, iblis selalu berusaha untuk terus menyesatkan manusia dari jalan Allah hingga hari kiamat.

Baca juga: 2 Kesalahan Iblis yang Membuatnya Dilaknat oleh Allah
(mhy)
halaman ke-2
preload video