15 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insya Allah Semua Hajat Dikabulkan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
14. Berdoa di Multazam
Bagi yang pernah Haji atau Umrah, tempat ini pasti sudah tak asing karena diangap mustajab ketika berdoa. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: ''Antara Rukun Aswad (sudut tempat terdapatnya Hajar Aswad) dan pintu Ka'bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang minta sesuatu di Multazam melainkan Allah mengabulkan permintaan itu." (HR Al-Baihaqi )

15. Doa Orang Tua kepada Anaknya
Dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW bersabda: "Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya." (HR Ibnu Majah)

Riwayat lain: "Tiga doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir." (HR. Al Baihaqi)

Penting diketahui, setiap muslim harus yakin bahwa doa yang dipanjatkannya dikabulkan Allah. Tapi, jangan terburu-buru ketika berdoa atau mengatakan, "aku telah berdoa dan tidak diterima".

Selain itu, hendaknya setiap muslim memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebab, makanan haram menjadi penyebab terhalangnya doa. Kemudian perhatikan adab berdoa, salah satunya mengucapkan sholawat kepada Baginda Nabi di awal dan penutup doa.

Karena ada riwayat menyebutkan: "Semua doa terhalang sampai dibacakan sholawat untuk Nabi shollallohu 'alaihi wasallam." (riwayat dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu)

Demikian 15 waktu mustajab untuk berdoa. Semoga Allah berkenan mengabulkan doa dan semua hajat kita. Aamiin!

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)