Penjelasan Serta Tanda-tanda Kiamat Kubro, Nomor 2 Paling Ditakuti

Minggu, 04 September 2022 - 23:55 WIB
loading...
A A A
"Mereka pun tidur kembali lalu bangun lagi untuk mendirikan sholat malam kemudian tidur lagi lalu bangun lagi melaksanakan shalat malam. Mereka merasakan malam yang panjang hingga orang-orang pun terkejut karena tidak mendapati pagi. Saat mereka menanti terbitnya matahari dari timur, tiba-tiba matahari terbit dari barat. Sesaat setelah manusia melihat matahari, mereka pun beriman, tetapi iman mereka tidak ada gunanya."

5. Turunnya Isa bin Maryam
Turunnya Isa bin Maryam termasuk tanda dekatnya Hari Kiamat. Ketika Dajjal menebar fitnah besar dan tipu daya di muka bumi, Allah menurunkan Nabi Isa untuk membunuhnya.

Isa Al-Masih dibantu Imam Mahdi akan membunuh Dajjal dan 70.000 pasukan Yahudi pengikutnya. Dalam Hadis dari Nawwas bin Sam'an, Rasulullah SAW bersabda: "Ketika Allah mengutus Isa Ibnu Maryam, maka turunlah ia di Menara putih di sebelah timur Damaskus mengenakan dua buah pakaian yang dicelup dengan waras dan za'faran. Kedua telapak tangannya diletakkannya di sayap dua Malaikat. Jika ia menundukkan kepala maka menurunlah rambutnya, dan jika diangkatnya kelihatanlah landai seperti mutiara. Maka tidak ada seorang kafir pun yang mencium nafasnya kecuali pasti meninggal dunia, padahal nafasnya itu sejauh mata memandang. Lalu Isa mencari Dajjal hingga menjumpainya di gerbang Lodd (Palestina), lantas dibunuhnya Dajjal. Kemudian Isa datang kepada suatu kaum yang telah dilindungi oleh Allah dari Dajjal, lalu Isa mengusap wajah mereka dan memberi tahu mereka tentang derajat mereka di surga." (HR Muslim)

6. Ya'juj dan Ma'juj
Tanda Kiamat Kubro berikutnya adalah munculnya Ya'juj dan Ma'juj. Kemunculan Ya'juj dan Ma'juj terjadi setelah Isa bin Maryam membunuh Dajjal. Sosok Ya'juj dan Ma'juj ini disebutkan sebagai makhluk perusak di muka abumi. Mereka punya kelebihan keluar dari segala arah dengan cepat dan menjelajahi negeri mereka dan memporak-porandakan segala sesuatu yang dilewatinya tanpa terkecuali. Mereka meminum setiap air yang dilintasinya.

Ketika orang-orang mengeluhkan mereka, Allah membinasakan Ya'juj dan Ma'juj dalam satu malam berkat doa Isa bin Maryam. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: "Hingga apabila (tembok) Ya'juj dan Ma'juj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan (apabila) janji yang benar (hari berbangkit) telah dekat, maka tiba-tiba mata orang orang yang kafir terbelalak. (Mereka berkata): "Alangkah celakanya kami! Kami benar-benar lengah tentang ini, bahkan kami benar benar orang yang zalim'." ( QS Al-Anbiya': 96-97)

7. Munculnya Tiga Gerhana di Bagian Timur, Barat dan Jazirah Arab
Tanda Kiamat Kubro berikutnya adalah terjadinya tiga gerhana di bagian Timur, Barat dan jazirah Arab. Makna خُسُوفٍ (Khusuuf) dalam Hadis di atas adalah Al-Khasf yaitu gerhana yang diiringi dengan benca yang sangat dahsyat. Yaitu ditenggelamkan ke dalam bumi dan hilang di dalamnya.

Diriwayatkan dari Ummu Salamah, Rasulullah SAW bersabda: "Sepeninggalku akan terjadi penenggelaman di Timur, penenggelaman di Barat, dan penenggelaman di Jazirah Arab." Aku bertanya: "Apakah bumi akan ditenggelamkan sementara di dalamnya ada orang-orang yang shalih?" Rasulullah berkata kepadanya: "Jika penduduknya sudah banyak melakukan kefasikan dan kekejian." (HR At-Thabrani)

Tiga persitiwa ini belum terjadi sampai sekarang. Yang terjadi hanyalah penenggelaman di berbagai tempat yang berbeda, dan terjadi pada zaman yang berjauhan. Kejadian tersebut termasuk tanda-tanda kecil Kiamat.

8. Munculnya Api dari Yaman
Tanda Kiamat Kubro berikutnya adalah Api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul. Dari Abi Hurairah bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: "Bersegeralah kalian dalam beramal (sebelum datang) enam hal: terbitnya matahari dari barat, asap, Dajjal, binatang, sesuatu yang khusus untuk kalian (kematian), atau masalah yang umum (hari Kiamat)." (Shahih Muslim)

Dari Ibnu 'Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Akan keluar api dari Hadhramaut atau laut Hadhramaut sebelum hari Kiamat yang akan menggiring manusia." (HR Ahmad dan at-Tirmidzi)

Di antara hadis yang menjelaskan cara api ini menggiring manusia adalah riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Manusia itu dikumpulkan menjadi tiga kelompok: kelompok orang yang bersuka ria, kelompok yang merasa takut, dan kelompok di mana dua orang di atas unta, tiga orang di atas unta, empat orang di atas unta, dan sepuluh orang di atas unta, dan selebihnya digiring oleh api. Api ini akan selalu bersama mereka di saat mereka istirahat, di saat mereka bermalam, di waktu pagi, dan di waktu sore hari." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

9. Turunnya Imam Mahdi
Tanda lain sebelum Kiamat Kubro terjadi adalah turnnya Imam Mahdi. Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum kemunculan sosok Imam Mahdi. Dalam riwayat disebutkan Imam Mahdi muncul sebelum turunnya Nabi Isa alaihissalam. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak hancur dunia (Kiamat) sampai orang Arab memiliki seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku." (HR At-Tirmidzi)

Imam Mahdi akan memerintah selama 7 tahun memenuhi dunia dengan keadilan yang sebelumnya dipenuhi oleh kezaliman. Rasulullah SAW bersabda: "Pada akhir umatku akan keluar al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi mengeluarkan tumbuhannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan (yakni, musim haji)." (HR Hakim)

10. Peniupan Sangkakala
Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum ditiupnya Sangkakala oleh Malaikat Israfil. Allah memerintahkan israfil meniup Sangkakala sebagai pertanda berkahirnya kehidupan dunia. Dalam Al-Qur'an, Allah menyebut Sangkakala dengan as-Shuur (الصُّورُ). Tiupan pertama akan mematikan seluruh makhluk di langit dan bumi. Kemudian disusul tiupan kedua untuk membangkitkan manusia dari kuburnya masing-masing.

Ngerinya tiupan Sangkakala ini dijelaskan Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS. An-Naml Ayat 87)

Demikian penjelasan serta tanda-tanda Kiamat Kubro. Sebenarnya masih banyak nash-nash Hadis yang menjelaskan tentang tanda-tanda Kimat Kubro ini. Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat untuk menguatkan keimanan kita.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)