Gambaran Ulama Tentang Kenikmatan Surga

loading...
Gambaran Ulama Tentang Kenikmatan Surga
Meski tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia karena terlampau sangat indah, namun kenikmatan di surga telah digambarkan oleh Allah Taala dalam Al-Quran dan Rasulullah SAW dalam hadis-hadis sahih. Foto ilustrasi/ist
Surga adalah tempat kembali yang sangat Indah. Keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia. Kenikmatan dan kebahagiaan di surga bersifat selama-lamanya, kholidina fiha abada.

Meski tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia karena terlampau sangat indah, namun kenikmatan di surga telah digambarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Al-Qur'an dan Rasulullah Shallalahu'alaihi wa Sallam dalam hadis-hadis sahih.

Dalam buku ad-Darul Akhirah karya Syaikh Mahmud Al Mishri, Nabi Shallalahu'alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa jika penduduk surga memperlihatkan perhiasan gelangnya, maka reduplah cahaya matahari seperti redupnya bintang di malam hari ketika waktu beranjak siang. Hadis ini hasan yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam at Tirmidzi.

Baca juga: Gambaran Luas Pintu Surga yang Menakjubkan

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يُطَا فُ عَلَيْهِمْ بِصِحَا فٍ مِّنْ ذَهَبٍ وَّاَكْوَا بٍ ۚ وَفِيْهَا مَا تَشْتَهِيْهِ الْاَ نْفُسُ وَتَلَذُّ الْاَ عْيُنُ ۚ وَاَ نْتُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ


"Kepada mereka (penduduk surga) diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kamu kekal di dalamnya."(QS. Az-Zukhruf : 71)

Dari 'Utbah bin Ghazwan radhiallahu 'anhu bahwasanya beliau pernah berkhutbah. Setelah memuji Allah dan menyanjung-Nya, beliau berkata bahwa telah disebutkan kepada kami bahwa antara dua daun pintu di antara pintu-pintu jannah, jaraknya sejauh 40 tahun perjalanan, dan akan datang suatu hari dimana manusia akan penuh sesak memasukinya.

Ibnu Qoyyim dalam kitab Hadi Al Arwah ila Billadil Arwah mengatakan bahwa Allah telah menyiapkan surga untuk kekasih-kekasihNya, yang didalamnya dipenuhi rahmatNya, kemuliaaNya, dan Ridha nya. Di dalam surga ada kenikmatan dan kerajaan yang besar. Alasnya berupa minyak harum musik dan za'faran. Perabotnya dari permata dan mutiara. Bangunannya terbuat dari emas dan perak.

Buah-buahan dari pohon surga lebih halus dari susu dan lebih manis dari madu. Sungainya mengalir di dalamnya susu, arak surga yang tidak memabukkan, dan madu. Bangunannya bertingkat dan banyak sungai mengalir. Tingginya setinggi bahkan lebih tinggi dari bintang di langit. Pakaian penduduk surga dari sutera dan emas.

Dalam surat Hud dijelaskan bahwa pemberian kapada penduduk surga sangat tidak terbatas.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

وَاَ مَّا الَّذِيْنَ سُعِدُوْا فَفِى الْجَـنَّةِ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا مَا دَا مَتِ السَّمٰوٰتُ وَا لْاَ رْضُ اِلَّا مَا شَآءَ رَبُّكَ ۗ عَطَآءً غَيْرَ مَجْذُوْذٍ


"Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga; mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya." (QS. Hud : 108)

Menurut Imam Ibnu Qoyyim, dalam menafsirkan penduduk surga, maka wajah ahli surga seterang cahaya laksana bulan purnama. Umurnya rata-rata 30 tahun, hiburannya adalah senandung para bidadari dan malaikat.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّلُـؤْلُؤًا ۚ وَلِبَا سُهُمْ فِيْهَا حَرِيْرٌ


"(Mereka akan mendapat) Surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra.". (QS. Fatir : 33)

Baca juga: Indahnya Surga! Inilah Orang Terakhir yang Memasukinya

WallahuA'lam
(wid)
preload video