Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap dengan Keutamaannya

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 17:41 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap dengan Keutamaannya
Sholawat Nariyah termasuk sholawat yang cukup populer di kalangan muslim karena fadhilahnya dapat mengatasi segala persoalan hidup dan wasilah mempermudah rezeki. Foto/dok Islamsea
A A A
Bacaan Sholawat Nariyah lengkap dengan keutamaannya perlu diketahui dan diamalkan oleh umat Islam. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam adalah Sholawat Nariyah. Keutamaannya dapat mengatasi segala persoalan hidup.

Secara garis besar sholawat terbagi dua yaitu: (1) Sholawat Ma'tsurat yang langsung diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. (2) Sholawat Ghairu Ma'tsurat yaitu sholawat yang disusun oleh selain Nabi, misalnya para sahabat, tabi'in dan para ulama seperti Sholawat Nariyah, Munjiyah, Tibbil Qulub, Al-Fatih, dan lainnya.

Keistimewaan sholawat disebutkan oleh Al-Hafizh Asy-Syaraji. Semua dzikir tidak diterima kecuali dengan khusyuk dan hadirnya hati. Beda dengan bacaan sholawat yang tetap diterima Allah meskipun hati tidak khusyuk.

Asal Usul Sholawat Nariyah
Sholawat Nariyah atau biasa disebut juga Sholawat Tafrijiyyah atau sholawat agar dilepaskan dari kesusahan. Menurut Habib Mundzir bin Fuad Al-Musawa, sholawat ini dikarang oleh Syaikh Ibrahim at Tazy Al-Maghrib, ulama sufi dari Kota Taza, Maroko.

Di kalangan penduduk Maroko, sholawat ini dinamai Nariyah, dari kata Nar yang berarti api, karena pengabulannya yang cepat. Penduduk Maroko banyak membuktikan bahwa ketika mereka sedang dalam kesulitan atau menginginkan sesuatu, mereka membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali. Atas izin Allah, keinginan mereka segera tercapai.

Berikut Bacaan Sholawat Nariyah:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman 'ala Sayyidina Muhammadinil-ladzi tanhaallu bihil-'uqadu, wa tanfariju bihil-kurabu, wa tuqdha bihil-hawaaiju, wa tunaalu bihir-ragha'ibu wa hiusnul-khawatimi wa yustasqal-ghamamu biwajhihil-kariimi wa 'alaa Alihi wa shahbihi fii kulli lamhaatin wa nafasin bi'adadi kulli ma'luumilak.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan embusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh-Mu."

Keutamaan Sholawat Nariyah:

1. Kunci Perbendaharaan
Sholawat Nariyah disebut sebagai Miftahul Kanzil Muhiith li naili muraadil 'abiid yaitu kunci perbendaharaan untuk mendapatkan apa yang diharapkan seorang hamba.

2. Wasilah Mempermudah Rezeki
Menurut As-Sanusy, orang yang membacanya sebanyak 11 kali maka seolah-olah baginya telah diturunkan rezeki dari langit dan tumbuh di bumi. Ad-Danuri mengatakan bahwa orang yang membacanya sebanyak 90 kali setiap harinya akan dimudahkan rezeki, dijauhkan dari segala penyakit. Orang yag membaca sebanyak 313 setiap selesai sholat fardhu akan dimudahkan segala urusannya.

3. Dijauhkan dari Segala Bahaya
Imam Al-Qurthubi mengatakan, barang siapa yang istiqamah membaca Sholawat Nariyah setiap hari sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih, maka Allah akan melepaskan kedukaan, melindunginya dari segala bahaya, meninggikan derajatnya meluaskan rezekinya, membuka pintu-pintu kebaikan, diamankan dari kefakiran dan kelaparan.

Para Ulama mengungkapkan keutamaan Sholawat Nariyah sangat banyak. Ada yang berpendapat fadhilahnya dapat menolak bala, mempermudah doa dikabulkan Allah, memudahkan segala urusan, dan lainnya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)