Kumpulan Makhluk Mengerikan yang Keluar ketika Hari Kiamat Tiba

Selasa, 25 Oktober 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib ra, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim, mengatakan bahwa sesungguhnya hewan melata itu mempunyai bulu dan rambut serta mempunyai teracak, tetapi tidak berekor dan mempunyai jenggot.

Sesungguhnya hewan ini saking besarnya selama tiga hari sepertiga dari tubuhnya masih belum muncul (dari bumi).



Ibnu Juraij meriwayatkan dari Ibnuz Zubair yang menggambarkan tentang binatang melata tersebut. Kepala binatang itu seperti banteng, matanya seperti babi, telinganya seperti gajah, tanduknya seperti kijang jantan, lehernya seperti burung unta (panjang), dadanya seperti dada singa, tetapi warnanya adalah warna macan tutul, pinggangnya mirip dengan pinggang kucing hutan, ekornya seperti ekor biri-biri, dan kaki-kakinya seperti kaki unta; di antara dua tulang ruasnya, panjangnya adalah dua belas hasta.

Ia membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman; maka tidak dibiarkannya seorang mukmin melainkan diberi tanda pada wajahnya dengan tongkat Nabi Musa, capnya putih, lalu cap itu menyebar ke seluruh wajahnya sehingga wajahnya menjadi putih bersinar.

Dan tidak dibiarkannya seorang kafir pun melainkan ia cap dengan cap hitam dari cincin Nabi Sulaiman, lalu warna hitam itu menyebar ke seluruh wajahnya hingga wajahnya menjadi hitam.

Sehingga orang-orang melakukan transaksi jual beli di pasar-pasar, lalu mereka mengatakan, "Berapakah ini, hai orang mukmin; dan berapakah ini hai orang kafir?" Sehingga suatu keluarga duduk di perjamuan mereka, sedangkan mereka mengetahui siapa yang beriman di antara mereka dan siapa yang kafir (karena semua ada tanda capnya).

Kemudian binatang melata itu berkata kepada mereka, "Hai Fulan, bergembiralah, engkau termasuk ahli surga; dan hai Fulan, engkau termasuk penghuni neraka."



Perkara Gaib
Najm al-Din al-Thufi menjelaskan konteks ayat 82 surat An-Naml. Dia memaparkan bahwa ini adalah salah satu dari perkara gaib dalam Al-Quran yang harus terjadi, dan salah satu mukjizat Nabi SAW, dan kabar tentang makhluk-makhluk gaib yang harus ada.

Sedangkan Ibn Jazzi berkata, "Jika waktunya telah tiba untuk siksaan mereka, yang terkandung di dalam firman Allah SWT yang kekal, maka itulah ketetapan-Nya."

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda dalam hadits Imam Muslim:

عن أبي هريرة رضي الله عنه، أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: (بادروا بالأعمال ستاً: طلوع الشمس من مغربها، أو الدخان، أو الدجال، أو الدابة، أو خاصة أحدكم أو أمر العامة)

Segeralah beramal baik sebelum datangnya enam perkara (yaitu) terbitnya matahari dari barat, munculnya asap, dajjal, hewan melata, atau kematian kalian, atau perkara genting yang meluas di masyarakat.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)