Imam Mahdi Akan Muncul dari Arah Timur, Benarkah dari Indonesia?

Selasa, 01 November 2022 - 23:26 WIB
loading...
Imam Mahdi Akan Muncul dari Arah Timur, Benarkah dari Indonesia?
Imam Al-Mahdi dalam Hadis disebut berasal dari keturunan Nabi Muhammad, berdahi lebar, hidungnya mancung. Beliau akan memimpin dunia selama 7 tahun. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Tersebut dalam Hadis bahwa kemunculan Imam Mahdi merupakan salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat. Namun, kapan dan dari mana munculnya menjadi hal yang sering dibincangkan.

Untuk diketahui, Imam Mahdi merupakan seorang laki-laki pemimpin yang berasal dari umat Nabi Muhammad SAW. Nantinya beliau muncul pada akhir zaman memimpin dunia dengan keadilan dan kedamaian.

Dari Abu Sai'd Al-Khudri, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: "Al-Mahdi akan keluar di akhir kehidupan umatku, Allah Ta'ala akan menurunkan hujan kepadanya sehingga bumi menumbuhkan tumbuh-tumbuhannya, diberikan kepadanya harta yang melimpah, semakin banyak binatang ternak, dan pada saat itu umat semakin mulia, dan ia memerintah selama tujuh atau delapan tahun." (HR Al-Hakim, Sahih)

Diceritakan bahwa kelak Imam Mahdi akan muncul ketika terjadi perebutan harta di Kota Mekkah. Dia akan keluar dari arah timur dengan pasukannya membawa panji hitam.

Dalam sebuah hadits dari Tsauban, Rasulullah SAW pernah bersabda:

يَقْتَتِلُ عِنْدَ كَنْزِكُمْ ثَلاَثَةٌ؛ كُلُّهُمْ اِبْنُ خَلِيْفَةٍ، ثُمَّ لاَ يَصِيْرُ إِلَـى وَاحِدٍ مِنْهُمْ، ثُمَّ تَطْلُعُ الرَّايَاتُ السُّوْدُ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ، فَيَقْتُلُوْنَكُمْ قِتْلاً لَمْ يَقْتُلْهُ قَوْمٌ… (ثُمَّ ذكر شَيْئًا لاَ أَحْفَظُهُ، فَقَالَ:) فَإِذَا رَأَيْتُمُوْهُ؛ فَبَايِعُوْهُ، وَلَوْ حَبْوًا عَلَى الثَّلْجِ؛ فَإِنَّهُ خَلِيْفَةُ اللهِ اَلْمَهْدِيُّ

Artinya: "Ada tiga orang yang akan saling membunuh di sisi simpanan kalian; mereka semua adalah putra khalifah, kemudian tidak akan kembali ke salah seorang dari mereka. Akhirnya muncul bendera-bendera hitam dari arah timur, lalu mereka akan memerangi kalian dengan peperangan yang tidak pernah dilakukan oleh satu kaumpun... (lalu beliau menuturkan sesuatu yang tidak aku pahami, kemudian beliau berkata: Jika kalian melihatnya, maka bai'atlah dia! Walaupun dengan merangkak di atas salju, karena sesungguhnya ia adalah khalifah Allah al-Mahdi."

Berdasarkan Hadis di atas, muncul pertanyaan tentang wilayah arah Timur manakah yang dimaksud, benarkah Indonesia?

Mengutip penjelasan Buya Arrazy Hasyim dalam satu kajiannya di kanal YouTube "Cafe Rumi Jakarta" pada 4 Juli 2021, umat Islam sedang merindukan kedatangan Al-Mahdi. Maka muncullah istilah Al-Mahdi Al-Muntazhar, Al-Mahdi yang ditunggu-tunggu.

Meski dalam Al Qur'an belum ditemukan penjelasan spesifik tentang Imam Mahdi, namun ada beberapa hadis yang berkaitan dengan beliau. Salah satunya menyebut tentang asal usulnya yang berasal dari keturunan Sayyidah Fatimah, putri Rasulullah SAW.

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

الْمَهْدِىُّ مِنْ عِتْرَتِى مِنْ وَلَدِ فَاطِمَةَ

Artinya: "Imam Al-Mahdi adalah dari keluargaku dari keturunan Fathimah." (HR. Abu Dawud)

Kata 'Itrotii pada Hadis di atas artinya darah dagingku. Sebagai orang beriman, kita tak perlu iri karena nikmat Allah kepada mereka. Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan at-Tirmidzi menyebutkan: "Aku tinggalkan kepada kamu dua beban yang berat yaitu Kitabullah dan Ahlul Baitku."

Dalam Hadis at-Tirmidzi disebutkan: "Ahlul Baitku (itrohku)". Untuk diketahui, pewaris Nabi itu ada dua, yaitu para Ulama pewaris Nabi dan para Habaib (Sayyid) atau Syarif. Maka kita wajib menghormati mereka. Meskipun mereka manusia biasa, tapi jangan tanyakan nasab mereka.

Buya Arrazy mengatakan, apabila benar Imam Mahdi berasal dari keturunan Rasulullah, Indonesia dan sekitarnya merupakan negara paling banyak dihuni oleh keturunan Nabi Muhammad SAW (Dzurriyah Nabi).

Lantas, apakah hal ini menandakan bahwa Imam Mahdi beserta pasukan pembawa panji hitam muncul dari Indonesia? Jika melihat persentasi jumlah Habaib di dunia maka yang terbanyak ada di Indonesia. Tetapi kita tidak boleh memastikan sepenuhnya karena rahasia ini ada di tangan Allah Yang Maha Mengetahui.

"Ini adalah kalkulasi ilmiah, tapi jangan tanya kapan, ini bukan urusan kita. Kabar baiknya, jika fitnah Dajjal telah muncul, maka Al-Mahdi akan muncul. Sebagaimana Dajjal mulai disembah dan diikuti banyak orang, bisa jadi Imam Al-Mahdi juga sudah punya murid sekarang," jelas Buya Arrazy Hasyim.

Wallahu A'lam


Berikut Video Buya DR Arrazy Hasyim tentang Imam Mahdi dalam kanal YouTube "Cafe Rumi Jakarta" 4 Juli 2021:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)