3 Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dilaksanakan Berjamaah

Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:11 WIB
loading...
3 Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dilaksanakan Berjamaah
Sholat Rawatib termasuk salah satu sholat sunnah yang tidak boleh dilaksanakan secara berjamaah. Foto/dok Masjid Nabawi Madinah
A A A
Sholat merupakan bagian dari rukun Islam dan wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang baligh (dewasa). Sholat terbagai dua yaitu, sholat fardhu (wajib) dan sholat sunnah.

Dalam pelaksanaannya, sholat sunnah ada yang dilakukan berjamaah, ada yang Munfarid (sendiri) serta ada yang boleh dilaksanakan secara berjamaah maupun Munfarid.

Berikut jenis sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah dan Munfarid (sendirian). Sholat sunnah berjamaah adalah sholat yang dikerjakan secara bersama, salah satu menjadi imam dan yang lain menjadi makmum.

Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dikerjakan Berjamaah
Sholat sunnah yang tidak boleh dikerjakan secara berjamaah ada tiga. Ketiga sholat sunnah ini harus dikerjakan secara Munfarid atau sendirian. Ketiganaya adalah (1) Sholat sunnah Rawatib, (2) Sholat sunnah Istikharah dan (3) Sholat sunnah Tahiyyatul Masjid.

1. Sholat Sunnah Rawatib
Sholat sunnah Rawatib adalah sholat yang mengiringi sholat fardhu. Sholat ini dikerjakan sebelum (qabliyah) atau sesudah (bakdiyah) sholat fardhu.

Hukum sholat sunnah Rawatib ini ada dua yaitu, Sunnah Muakkad (sangat dianjurkan) dan Ghairu muakkad (cukup dianjurkan). Sholat Sunnah Rawatib Muakkad yaitu:
- 2 rakaat sebelum sholat Zuhur.
- 2 rakaat sesudah sholat Zuhur.
- 2 rakaat sesudah sholat Magrib.
- 2 rakaat sesudah sholat Isya.
- 2 rakaat sebelum sholat Subuh
.
Sedangkan sholat Sunnah Rawatib Ghaira Muakkad:
- 2 rakaat sebelum sholat Zuhur (selain Muakkad)
- 2 rakaat sesudah sholat Zuhur (selain Muakkad)
- 4 rakaat sebelum sholat Ashar.
- 2 rakaat sebelum sholat Maghrib.
- 2 rakaat sebelum sholat Isya.

2. Sholat Sunnah Istikharah
Salat Istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan dalam rangka meminta petunjuk kepada Allah atas sebuah pilihan agar diberikan kebaikan atas pilihan tersebut. Sholat ini tidak dianjurkan dilaksanakan berjamaah.

Para ulama sepakat bahwa jumlah rakaat sholat istikharah minimal 2 rakaat. Boleh dikerjakan kapanpun waktunya kecuali pada waktu terlarang. Syaikh Nawawi al-Bantani mengatakan, waktu afdhal melaksanakan sholat istikharah adalah setelah selesai sholat Isyraq dan sebelum sholat Dhuha, lalu kemudian berdoa dengan doa istikharah.

3. Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid
Sholat sunnah berikutnya yang tidak boleh dikerjakan berjamaah adalah Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid. Sholat ini dianjurkan dikerjakan secara Munfarid (sendirian).

Shalat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang masuk masjid sebagai penghormatan terhadap masjid. Kecuali Masjidil Haram Mekkah tidak ada sholat Tahiyatul Masjidnya. Sebagai penggantinya adalah melakukan thawaf saja.

Adab memasuki masjid antara lain, mendahulukan kaki kanan seraya berdoa kemudian sebelum duduk disunnahkan sholat Tahiyatul Masjid 2 rakaat.

Sholat Sunnah yang Dilaksanakan Berjamaah
3 Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dilaksanakan Berjamaah

Berikut sholat sunnah yang dilaksanakan secara berjamaah:
1. Sholat Idul Fitri
2. Sholat Idul Adha
3. Sholat Istisqa (sholat meminta hujan)
4. Sholat Kusuf (Gerhana Matahari)
5. Sholat Khusuf (Gerhana Bulan)
6. Sholat Tarawih

Sholat Sunnah yang Boleh Dilaksanakan Berjamaah dan Sendirian (Munfarid)
1. Sholat Tarawih
2. Sholat Witir
3. Sholat Dhuha
4. Sholat Tahajjud
5. Sholat Tasbih

Demikian macam-macam pelaksanaan sholat sunnah yang perlu diketahui umat muslim. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7959 seconds (0.1#10.140)