Kisah Maryum Putri Muhammad Ali Berdakwah Lewat Musik Rap dan Komedi

Senin, 07 November 2022 - 05:15 WIB
loading...
Kisah Maryum Putri Muhammad Ali Berdakwah Lewat Musik Rap dan Komedi
Maryum Ali atau yang lebih dikenal sebagai May May, anak tertua dari 9 bersaudara di keluarga Muhammad Ali. Foto/Ilustrasi: Instagram
A A A
Maryum Ali atau yang lebih dikenal sebagai May May adalah anak tertua dari 9 bersaudara di keluarga Muhammad Ali . Maryum lahir pada 18 Juni 1968. Dia seorang bintang rap yang ngetop lewat rekaman compact disc-nya, "May May: The Introduction" pada tahun 1992.

"Album solo saya yang pertama berjudul Life's a Test. Sebenarnya, ketika saya sedang membaca Al-Quran dan melihat catatan kakinya, saya memahami bahwa hidup adalah sebuah ujian dan saya berkata, wah, ini judul yang bagus!" ujar Maryum Ali dalam buku berjudul "American Jihad, Islam After Malcolm X" karya Steven Barbosa.

Baca juga: Biodata dan Agama Maryum Ali, Anak Muhammad Ali Komedian yang Mengejutkan

Dia berkata dia telah ditolak oleh beberapa perusahaan rekaman --dia ditolak beratus-ratus kali karena nama akhirnya adalah Ali dan orang mengira bahwa dia seorang gadis kaya yang tidak mempunyai bakat atau alasan untuk nge-rap.

Akhirnya dia berhasil mendaratkan sebuah persetujuan dan dalam discnya dia menyampaikan terima kasih kepada "semua yang tidak mempunyai alasan" untuk memberinya kesempatan. "Terimakasih untuk motivasinya," katanya.

"The Introduction" memiliki nuansa tanggung jawab sosial --pesan-pesan yang positif untuk kaum muda-- juga kesaksian tentang penyakit-penyakit dunia: penganiayaan, baku tembak, kebrutalan polisi, citra kaum kulit hitam yang stereotip.

"Rapumentary Ali" adalah sebuah persembahan kepada ayahnya, idolanya. May May, yang dibesarkan oleh kakek-neneknya setelah orang tuanya bercerai, ingin menjadi seorang petinju.

Dia menetapkan pendiriannya untuk menjadi seorang pelawak wanita tetap di Los Angeles sebelum mendapatkan persetujuan rekamannya.

Sebelum makan malam di sebuah restoran Thai-Muslim di LA, dia menyanyikan salah satu lagu rapnya. Kemudian dia berfoto dengan pose sedang memeluk pemilik restoran dan istrinya.

Dia pernah tampil sebagai komedian selama 12 tahun di berbagai tempat dan memenuhi ruangan publik dengan humor serta pengamatan mendalam tentang masalah-masalah sosial.

Dia bergabung dengan The Comedy Store di Hollywood, dia bekerja bersama dengan talenta seperti Jim Carey, Chris Rock, dan Martin Lawrence. Di waktu yang sama, dia juga menulis lirik musik rap dengan rencana menerbitkan musiknya.

Baca juga: Laila Ali, Anak Legendaris Muhammad Ali Jadi Petinju Dunia

Kisah Maryum Putri Muhammad Ali Berdakwah Lewat Musik Rap dan Komedi


Maryum Ali adalah anggota Nation of Islam. Ini merupakan gerakan sekaligus organisasi yang menggabungkan unsur-unsur Islam tradisional dengan ide-ide nasionalis kulit hitam.

Organisasi ini didirikan oleh Wallace Fard Muhammad pada 1930 di Detroit, Michigan, AS. Fard Muhammad tiba-tiba menghilang secara misterius pada 1934. Tampuk kepemimpinan Nation of Islam lantas dipegang oleh Elijah Muhammad.

Elijah Muhammad lantas memimpin organisasi tersebut selama 41 tahun berikutnya. Di antara murid-muridnya yang terkenal adalah Malcolm X dan Muhammad Ali.

Dengan pesan pemberdayaan kulit hitam, Nation of Islam tumbuh menjadi salah satu organisasi Afrika-Amerika terbesar di AS.

Gaya Islam
Dalam buku yang telah diterjemahkan Sudirman Teba dan Fettiyah Basri menjadi "Jihad Gaya Amerika, Islam Setelah Malcolm X" (Mizan, 1995) May May bertutur sebagai berikut:

Seandainya saya harus mengulangi hidup saya, saya tidak akan meminta orang lain untuk membesarkan saya. Hidup keseharian saya, dan cara berpikir saya, merupakan gaya Islam dan gaya kakek-nenek saya --Aminah dan Sadru-Din Ali.

Baca juga: Nico Ali Cucu Muhammad Ali Terinspirasi Kehebatan sang Kakek
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2782 seconds (11.252#12.26)