Profil Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf, Ketua Umum Rabithah Alawiyah

Senin, 14 November 2022 - 16:34 WIB
loading...
Profil Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf, Ketua Umum Rabithah Alawiyah
Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf, ulama yang kini dipercaya memimpin Rabithah Alawiyah, organisasi pencatat keluarga para Habaib di Indonesia. Foto/ist
A A A
Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf dikenal sebagai salah satu ulama Dzurriyah Nabi (keturunan Nabi Muhammad SAW) yang kini dipercaya memimpin Rabithah Alawiyah, organisasi pencatat dan penghimpun keluarga alawiiyin (para Habaib) di Indonesia.

Ulama asal Pasuruan ini dipilih menjadi Ketua Umum Rabithah Alawiyah hasil Muktamar Rabithah Alawiyah di Jakarta pada 5 Desember 2021 lalu. Habib Taufiq juga pernah menjabat Mustasyar Nahdlatul Ulama Jawa Timur.

Beliau seorang ulama besar yang sangat tawadhu' berasal dari kota santri, Pasuruan Jawa Timur. Istri beliau juga seorang Syarifah yaitu Faizah binti Muhammad Assegaf dan memiliki 7 anak (6 laki-laki, 1 perempuan).

Beliau mengasuh beberapa pondok pesantren di antaranya Ponpes Putra Sunniyah Salafiyah Pasuruan, Pondok Pesantren Putri Az-Zahra, pengelola Majalah Cahaya Nabawiy. Selain itu beliau memiliki toko kitab dan parfum, serta travel haji dan umrah.

Masa Kecil
Semasa kecil, Habib Taufiq diasuh oleh sang ayahanda yakni Habib Abdul Qadir bin Husein Assegaf. Dirasa cukup dengan bimbingan sang orang tua, ia kemudian melanjutkan taklim pada ulama dan para habaib yang ada di Pasuruan, salah satunya Habib Ahmad bin Hadi Al-Hamid.

Selain itu belajar kepada banyak habaib dan ulama yang ada di Kota Pasuruan. Satu per satu rumah para habaib dan ulama yang ternama ia datangi, untuk mengajarkan ilmu kepadanya.

Beliau memliki agenda rutinan tiap minggunya yaitu pembacaan hadhrah Basaudan pada selasa sore diilanjutkan dengan tausiyah hingga isya di Masjid Jami' Assegaf. Kemudian pada Rabu pagi ada kegiatan madrah di rumahnya. Setiap malam Jum'at dibacakan Maulid Burdah, Surat Al-Kahfi dan qasidah. Setiap malam Sabtu ada pengajian umum di Masjid Agung AlAnwar.

Setiap acara pengajian baik di rumahnya maupun di pesantren Sunny As-Salafiyah dipancarkan langsung melalui Radio Suara Nabawiy baik melalui frekuensi 107 FM dan 747 AM.

Berikut Profil Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf

Nama Lengkap : Habib Taufiq bin Abdul Qadir bin Husein bin Segaf bin Muhammad Assegaf.
Lahir : Pasuruan, Tahun 1969
Istri : Syarifah Faizah binti Muhammad Assegaf
Anak : 7 (6 laki-laki, 1 perempuan). Muhammad, Abdul Qadir, Abu Bakar, Husein, Ja'far, Saqqaf dan Alwiyyah.

Kiprah
1. Pengasuh Pesantren Suniyyah Salafiyah Pasuruan, Jawa Timur.
2. Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pasuruan masa khidmat 2017-2021.
3. Ketua Umum Rabithah Alawiyah periode 2021-2026.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)