7 Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jumat, Salah Satunya Melapangkan Rezeki

loading...
7 Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jumat, Salah Satunya Melapangkan Rezeki
Membaca sholawat pada Hari Jumat termasuk amalan yang sangat dianjurkan. Di antara fadhilahnya dapat meluaskan rezeki dan menghapus dosa. Foto/Ist
Membaca sholawat pada Hari Jumat memiliki keutamaan besar karena Rasulullah SAW secara khusus memerintahkan umatnya memperbanyak sholawat pada hari tersebut. Ada 7 keutamaan membaca sholawat pada Hari Jumat yang dijuluki Sayyidul Ayyam (penghulu dari semua hari).

Dalam satu riwayat, siapa yang membaca sholawat pada hari Jumat maka sholawatnya akan ditampakkan kepada baginda Rasulullah SAW. Beliau juga bersabda: "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Berikut 7 Keutamaan membaca Sholawat di Hari Jumat

1. Ditampakkan kepada Nabi Muhammad
Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيهِ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

Artinya: "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala) dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah sholawat kepadaku karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku." Para sahabat bertanya kepada Rasulullah: "Bagaimana mungkin sholawat kami akan sampai pada engkau, sedangkan engkau telah hancur menjadi tanah?" Rasulullah menjawab: "Sesungguhnya Allah mengharamkan bagi tanah untuk menghancurkan jasad-jasad para Nabi." (HR Ibnu Majah 1085)

2. Paling Dekat Kedudukannya dengan Nabi Muhammad
Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

صَلَاةُ أُمَّتِي تُعرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ؛ فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً

Artinya: "Sholawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat. Orang yang paling banyak bersholawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR Al-Baihaqi 5995)

3. Hajat-hajatnya Dikabulkan
Dalam Kitab Nawadirul Hikayah, Syaikh Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyuby mengemukakan Hadis dari Anas radhiyallahu 'anhu:

روي عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله غليه وسلم: “من صلى عليّ في يوم الجمغة مائة مرة قضى الله له مائة حاجة, سبعين من حوائج الأخرة وثلاثين من حوائج الدنيا. ويوكل الله بصلاته على ملكا حتى يدخلها على قبري كما تدخل على أحدكم الهداية. ويخبرني بإسمه فأثبته عندي في صحيفة بيضاء وأكفئه بها يوم القيامة.

Dari Anas radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa bersholawat kepadaku di hari Jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat (kebutuhan), yang 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan-kebutuhan duniawi. Dan Allah membebankan shalawat tersebut kepada malaikat hingga menghaturkannya ke kuburanku, layaknya (cahaya) hidayah yang masuk kepada kamu sekalian, dan Malaikat memberi tahu akan namanya, kemudian aku menetapkannya di sampingku di dalam lembaran yang putih bersih, dan dengan sholawatnya, aku mencukupinya (memberi syafaat) kelak di hari kiamat."

4. Kesalahannya Dihapus dan Ditinggikan Derajatnya
Membaca Sholawat juga menjadi wasilah untuk meraih keberkahan dan penghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ ‌صَلَّى ‌عَلَيَّ ‌صَلَاةً ‌وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ، وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Barang siapa yang bersholawat untukku sekali, maka Allah akan memberkatinya dengan sepuluh doa, dan akan dihapus sepuluh kesalahan darinya, dan ditinggikan sepuluh derajat untuknya." (HR An-Nasa'i)

5. Diampuni Dosanya Selama 80 Tahun
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'alaa Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali".

Menurut Al-Hafizh Al-Iraqi sebagaimana dikutip oleh Al-Hafizh Assakhawi adalah Hadis Hasan. Menurut Imam Ibnu An-Nu'man juga Hadis Hasan.

6. Mendapat Kedudukan di Surga
Bagi yang membaca sholawat 1000 kali pada Hari Jumat maka ia akan meraih kedudukan di surga. Dari Anas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:
halaman ke-1
preload video