Doa Terhindar dari Banjir agar Selalu Aman Ketika Hujan Lebat

loading...
Doa Terhindar dari Banjir agar Selalu Aman Ketika Hujan Lebat
Ketika hujan turun, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan, misalnya ketika hujan turun dengan sa t dan deras, kemudian doa ketika mendengar petir, dan ada juga doa ketika huja deras disertai angin kencang. Foto ilustrasi/ist
Doa terhindar dari banjir agar selalu aman ketika hujan lebat ini bisa diamalkan secara rutin di musim penghujan saat ini. Doa tersebut sebagai ikhtiar kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan memohon memohon perlindungan diri oleh Allah SWT dengan membaca doa agar terhindar dari bencana alam.

Sebenarnya ketika hujan turun, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan. Misalnya ketika hujan turun dengan sangat lebat dan deras, kemudian doa ketika mendengar petir, dan ada juga doa ketika hujan deras disertai angin kencang. Doa-doa tersebut, menjadi salah satu doa yang bisa kita amalkan agar terhindar dari malapetaka dan bencana alam yang bisa datang tiba-tiba.

Baca juga: Doa Turun Hujan dan Beberapa Hikmahnya

Berikut doa-doa agar terhindar dari bencana banjir ketika hujan lebat turun ini. Dirangkum daru berbagai sumber, inilah doa-doa yang bisa diamalkan ini dalam huruf latin dan artinya, yakni:

1. Doa ketika ada petir

Doa ini disebutkan dalam Kitab al-Muwaththa', Ketika mendengar guruh (petir), Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam membaca doa berikut:

سُبْحانَ الَّذي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ


Subhanalladzi Yusabbihur Ra'du Bihamdihi wal Malaa-ikatu min Khiifatih.

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya.

2. Doa ketika hujan lebat disertai angin

Untuk terhindar dari banjir, umat muslim bisa membaca doa ini ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

3. Doa saat hujan deras

Sedangkan doa ketika takut bahaya hujan lebat adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: "Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Bukhari Muslim)

Baca juga: 5 Amalan Saat Hujan Turun yang Sering Dilalaikan, Yuk Amalkan!

Wallahu A'lam
(wid)
preload video