Mural Hadis Nabi di Piala Dunia Qatar Curi Perhatian, Ini Pesannya

loading...
Mural Hadis Nabi di Piala Dunia Qatar Curi Perhatian, Ini Pesannya
Beberapa mural berisi Hadis Nabi Muhammad SAW dipasang di beberapa titik strategis Doha Qatar selama perhelatan Piala Dunia 2022. Foto/dok iqna.ir
Piala Dunia 2022 menjadi momentum Qatar mengenalkan Islam kepada penggemar sepak bola di penjuru dunia. Qatar mencuri perhatian dengan keberadaan mural berisi Hadis Nabi Muhammad di berbagai sudut kota.

Sejumlah mural Hadis Nabawi itu dipasang di beberapa titik strategis Doha. Pemandangan yang unik karena biasanya penyelenggara Piala Dunia membuat baliho besar bergambar tokoh-tokoh pemain bola.

Selaku tuan rumah, Qatar ingin mengekspresikan keindahan Islam lewat perkataan Nabi Muhammad SAW. Diperkirakan 1,2 juta manusia dari seluruh dunia datang ke Qatar selama perhelatan Piala Dunia 2022.

Mural-mural Hadis Nabawi itu ditulis dalam bahasa Arab dan terjemahan bahasa Inggris. Hal ini untuk memudahkan para pendatang yang datang ke Qatar. Pesan mural Hadis Nabi itu berisi motivasi untuk berbuat baik, berkasih sayang kepada sesama dan keutamaan bersedekah.
Mural Hadis Nabi di Piala Dunia Qatar Curi Perhatian, Ini Pesannya

Berikut pesan mural Hadis Nabi yang dipajang pada perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 :

كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ

Artinya: "Semua perbuatan baik merupakan sedekah." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Artinya: "Jauhilah neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu (untuk bersedekah), maka cukup dengan perkataan yang baik." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ

Artinya: "Siapa yang tidak menyayangi, maka tidak akan disayangi." (HR Muslim 2318)

مَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَو لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَومِ الآخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ، ومَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

Artinya: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berbicara yang baik atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir janganlah ia menyakiti tetangganya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia memuliakan tamunya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Qatar, Negara Muslim Pertama Gelar Piala Dunia 2022
(rhs)
preload video