Surat Al-Mulk Ayat 16: Peringatan Allah kepada Orang yang Durhaka

Kamis, 01 Desember 2022 - 21:26 WIB
loading...
Surat Al-Mulk Ayat 16: Peringatan Allah kepada Orang yang Durhaka
Salah satu kandungan Surat Al-Mulk yaitu peringatan Allah kepada orang musyrik yang durhaka dan ancaman bagi orang yang mendustakan-Nya. Foto/Ist
A A A
Pada ayat ini Allah memberi peringatan keras kepada orang-orang kafir yang durhaka kepada-Nya. Sebelumnya, Allah mengabarkan bukti kekuasaan dan karunia-Nya yang sangat besar untuk manusia.

Seandainya Allah menahan udara yang kita hirup, tentulah manusia akan menderita. Itulah salah satu bentuk kemurahan Allah kepada manusia, namun masih ada saja yang durhaka dan mengingkari-Nya.

Berikut peringatan Allah kepada orang durhaka dalam lanjutan tafsir Surat Al-Mulk.

ءَاَمِنۡتُمۡ مَّنۡ فِىۡ السَّمَآءِ اَنۡ يَّخۡسِفَ بِكُمُ الۡاَرۡضَ فَاِذَا هِىَ تَمُوۡرُۙ‏

A-amintum man fissamaaa-i ayyakhsifa bi kumul ardha fa idzaa Hiya tamuur.

Artinya: "Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?" (QS Al-Mulk ayat 16)

Mengutip tafsir Kemenag, dalam ayat ini Allah memperingatkan orang-orang kafir tentang azab yang akan menimpa mereka, apabila tetap dalam kekafiran. Peringatan ini disampaikan Allah karena mereka merasa aman dari siksa. Bahkan mereka merasa mendapat rahmat yaitu kesenangan duniawi yang sedang mereka rasakan.

Oleh karena itu, Allah memperingatkan mereka dengan kalimat, "Hai orang-orang kafir apakah kamu sekalian merasa aman dan akan terhindar dari azab Allah, padahal azab itu pasti akan menimpa kamu? Apakah kekuasaan dan kesenangan yang kamu peroleh itu tidak bisa dilenyapkan Allah, padahal kekuasaan dan kesenangan semata-mata datangnya dari Allah?"

Allah mengingatkan bahwa Dia telah menimpakan azab dahsyat kepada orang-orang dahulu, seperti azab yang ditimpakan kepada Qarun dan pengikutnya. Mereka dibenamkan ke dalam bumi. Pada saat Allah akan membenamkan mereka ke dalam bumi, maka terjadilah gempa dahsyat yang mengguncang bumi.

Demikian kandungan Surat Al-Mulk ayat 16 dan tafsirnya. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)