4 Minuman yang Ada di Surga, Salah Satunya Air Jahe dari Mata Air Salsabil

Minggu, 18 Desember 2022 - 05:15 WIB
loading...
4 Minuman yang Ada di Surga, Salah Satunya Air Jahe dari Mata Air Salsabil
Air jahe merupakan salah satu minuman yang ada di surga kelak, minuman yang sangat enak dan sehat ini berasal dari mata air surga Salsabil. Foto ilustrasi/ist
A A A
Penghuni surga akan dimanjakan dengan kenikmatan-kenikmatan yang tiada tara, salah satunya adalah minuman dan makanan yang tidak pernah habis. Dan tahukah anda, bahwa ada air jahe di surga kelak yang sangat enak karena berasal dari mata air surga Salsabil.

Tentang makanan dan minuman surga ini, Al Imam al Muzani rahimahullah dalam kita 'Tamam Al–Minnah ‘ala Syarh As-Sunnah', “Di surga ada berbagai makanan, buah-buahan, dan minuman, akan terus ada dan tidak ada habisnya, juga tidak fana. Begitu pula naungannya tidak fana dan tidak dihapus.”

Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta'ala :

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا ۚ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا ۖ وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ


“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS. Ar-Ra’du: 35)



Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Gerhana pernah terjadi di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas beliau salat. Orang-orang berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami tadi melihat engkau mengambil sesuatu di tempatmu lantas kami melihat engkau beralih ke belakang. Beliau pun bersabda, ‘Sesungguhnya aku telah melihat surga dan aku tadi berupaya meraih setandan buah-buahan darinya. Seandainya aku mendapatkannya lalu kalian memakannya, niscaya kamu (tidak butuh lagi makanan) di dunia.’” (HR. Bukhari)

Semua kenikmatan makanan dan minuman itu akan Allah berikan sebagai ganjaran karena telah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Allah Ta'ala telah menyiapkan nikmat yang tidak terhingga bagi para penghuni surga kekal.

Seperti disebutkan dalam Al-Qur'an :

كُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ هَنِيٓـًٔۢا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ


“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Mursalat: 43).

Lalu minuman apa saja yang terdapat di surga kelak? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis minuman yang akan dinikmati para penghuni surga, yakni:

1. Air kafur

Setelah melewati lintasan Mahsyar dan kesulitan-kesulitan lainnya di akhirat, para penghuni surga akan siguhkan minuman berupa air kafur. Jenis minuman ini berasal dari mata air telaga Al Kautsar, yakni sumber amata air yang sangat jernih dan luas yang ada di surga.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan Rabbku ‘Azza wa Zalla untukku. Di sana, terdapat kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang akan didatangi umatku pada hari kiamat. Jumlah bejananya sebanyak bintang-bintang. (HR. Muslim).

Allah berfirman mengenai keutamaan air kapur:

“Sesungguhnya, orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah, yang mereka memancarkan dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Insaan: 5-6).

2. Air jahe
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)