Gelar-gelar Nabi Muhammad SAW dan Artinya

Kamis, 22 Desember 2022 - 13:32 WIB
loading...
Gelar-gelar Nabi Muhammad SAW dan Artinya
Banyak gelar yang disematkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa salam, karena kepribadian yang luhur serta akhlaknya yang mulia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada banyak gelar Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam. Gelar atau julukan tersebut disematkan oleh umat muslim kepada rasul utusan Allah Subhanahu wa ta'ala ini, karena sifat dan karakter Nabi SAW yang terpuji dan patut dijadikan tauladan.

Sebagai utusan Allah Ta'ala yang terakhir, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam membawa risalah Allah untuk umat akhir zaman. Karena itu, dari sekian banyak utusan Allah SWT, Nabi Muhammad-lah yang memiliki umat terbanyak di dunia sepanjang sejarah.



Gelar-gelar atau julukan kepada Nabi Muhammad SAW ini juga memiliki arti yang cukup penting berdasarkan pribadi dan karakter Beliau sebagai utusan Allah Subhanahu wa ta'ala. Di antara gelar-gelar tersebut yakni:

1. Al Amin (Dapat Dipercaya)

Gelar ini, paling populer di kalangan umat muslim. Asal muasal gelar Al Amin disematkan kepada Baginda Nabi SAW tersebut karena mampu menghentikan perselisihan di kalangan masyarakat Quraisy tentang orang yang berhak meletakkan Hajar Aswad.

Al-Amin artinya dapat dipercaya. Nabi Muhammad SAW menyandang gelar Al-Amin dikarenakan keteladanan Rasulullah, sikap amanah, dapat dipercaya dan juga jujur. Gelar ini diberikan oleh para penduduk Mekkah secara langsung kepada Rasulullah. Keteladanannya dan sikap baiknya menjadi panutan dan begitu dijunjung oleh penduduk Mekkah sehingga membuat mereka mempercayai Nabi Muhammad sebagai sosok yang tepat menyandang gelar tersebut.

Sikap keteladanan Rasulullah ini telah dibuktikan dalam berbagai situasi. Orang-orang menyadari bahwa Rasulullah adalah sosok yang jujur, ketika beliau berdagang beliau akan berkata apa adanya mengenai kondisi barang dagangannya. Hal ini telah menjadi kebiasaan Rasulullah untuk selalu bersikap baik, amanah serta jujur dan membuat banyak orang percaya dan mencontoh beliau.

2. Ahmad atau Muhammad

Ahmad dan Muhammad merupakan nama yang mengandung isim maf'ul. Arti dari nama tersebut adalah Nabi yang dipuji. Dikarenakan sifat-sifat yang dimilikinya, maka banyak orang yang memuji Nabi Muhammad.

3. Al-Mahiy (Penghapus)

Dijulukisebagai “Al-Mahiy” yang artinya penghapus kebodohan, julukan ini karena Nabi Muhammad SAW hadir pada saat Kota Mekkah berada dalam kekacauan atau kejahiliyahan. Nabi Muhammad ditakdirkan allah SWT untuk berada di tengah-tengah kaum tersebut untuk membimbing mereka menuju jalan yang benar.

4. Al-Hasyir (Pembangkit)

Julukan Al-Hasyir disematkan kepada Nabi Muhammad karena suatu saat beliau akan menjadi penyelamat bagi orang-orang yang taat. Penyelamatan ini akan dilakukan kepada umatnya pada hari kiamat.

5. Nabiyurrahmah (Nabi penyayang)

Nabi Muhammad juga dijuluki sebagai nabiyurrahmah atau Nabi yang penyayang. Hal ini karena beliau sangat menyayangi kaumnya meskipun tidak memiliki hubungan darah.

6. Nabiyuttaubah (Nabi orang bertaubat)

Julukan nabiyuttaubah atau nabi orang bertaubat, karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam telah membimbing oran-orang Mekkah untuk bertaubat dan memeluk agama Islam.

Itulah beberapa gelar yang populer yang disematkan kepada Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Masih banyak gelar lainnya karena kepribadian Beliau yang begitu luhur dan dijadikan panutan oleh kaum muslim.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2969 seconds (0.1#10.140)