Kumpulan Artikel: Keistimewaan Nabi Muhammad SAW

  • 10 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 29 September 2023 - 05:10 WIB
    Keistimewaan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi penutup zaman layak untuk kita ketahui. Berikut 10 Keistimewaan Beliau mulai dari keringat hingga air liur beliau mendatangkan keberkahan.
  • Tadabbur Al-Ahzab Ayat 21: Nabi Muhammad SAW Suri Tauladan Terbaik
    Tausyiah
    Selasa, 26 September 2023 - 22:46 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas sosok Nabi Muhammad ? yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia. Berikut firman Allah dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21.
  • Gelar-gelar Nabi Muhammad SAW dan Artinya
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Gelar yang disematkan oleh umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW , karena sifat dan karakter Nabi SAW yang terpuji dan patut dijadikan tauladan.
  • Muhammad Sang Mutiara, Pemimpin yang Menyelamatkan Manusia dari Kegelapan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:14 WIB
    Muhammad SAW memang dilahirkan, dan diutus bukan sekadar membawa risalah samawiyah (heavenly message) atau pesan langit. Beliau pada dirinya perwujudan dari pesan itu.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: Pemimpin Paling Berpengaruh yang Diakui Dunia Barat
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Tak terpungkiri bahwa Nabi Muhammad SAW dihadirkan menjadi manusia terbaik. Penulis Barat menempatkan Muhammad sebagai pemimpin dunia paling berpengaruh.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: 6 Kewajiban Umat kepada Baginda Rasulullah
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Salah Satu hal yang biasa dipahami secara tidak proporsional tentang Rasulullah SAW adalah bagaimana relasi dan kewajiban umat ini kepada beliau. Ada 6 kewajiban kita kepada beliau.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara, Bersholawatlah Kepadanya dan Keluarganya!
    Tausyiah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:26 WIB
    Terlepas dari perdebatan tentang Maulid atau kelahiran Rasulullah SAW mungkin ada baiknya kita sekali melihat siapa dan bagaimana harusnya kita menempatkan Rasulullah SAW.
  • 7 Keutamaan Nabi Muhammad SAW Dibanding Nabi yang Lain
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Keutamaan Nabi Muhammad SAW (shollallohu alaihi wasallam) dibanding Nabi yang lain penting diketahui umat Islam. Berikut tujuh keutamaan sebagai tanda kekhususan beliau.
  • Benarkah Nabi Muhammad SAW Tercipta dari Cahaya, Berikut Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 28 September 2022 - 17:37 WIB
    Salah satu ungkapan yang sering kita dengar adalah Nabi Muhammad SAW bukanlah manusia biasa. Beliau tercipta dari Nur atau cahaya. Berikut penjelasannya.
  • 10 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW dan Fadhilah Bagi yang Menghafalnya
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 05:10 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun.
  • Peran Nabi Muhammad SAW dalam Kehidupan Manusia
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 05:30 WIB
    Peran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan manusia menarik untuk kita pelajari dan teladani. Bagaimana peran beliau sebagai anak, ayah, suami, pedagang, panglima perang.
  • Keistimewaan Nabi Muhammad Tak Pernah Menguap dan Mimpi Basah
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 22:19 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah manusia sempurna yang punya banyak kelebihan. Beberapa keistimewaan beliau adalah tidak pernah menguap maupun mimpi basah.