Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Al-Fil Ketika Sholat Qobliyah Subuh

Rabu, 11 Januari 2023 - 20:40 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Al-Fil Ketika Sholat Qobliyah Subuh
Membaca Surat Al-Insyirah (Alam Nasyroh) dan Surat Al-Fil (Alam Taro) ketika sholat qobliyah Subuh memiliki fadhilah yang sangat besar. Foto/ist
A A A
Dalam satu hadis shahih, Nabi shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda bahwa sholat dua rakaat sebelum Subuh lebih baik dari dunia seisinya.

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: "Dua rakaat sebelum subuh (sholat sunnah rawatib Qobliyah Subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya sekalipun." (HR Muslim 725)

Dalam fiqih sholat sunnah, umat Islam biasanya membaca Surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua sholat qobliyah Subuh. Selain kedua surat itu, ada dua surat lain yang memiliki keutamaan besar.

Dalam Kitab I'anah Attholibin, para ulama menganjurkan membaca Surat Al-Insyirah (Alam Nasyroh) dan Surat Al-Fil (Alam Taro) ketika melaksanakan sholat qobliyah Subuh.

Berikut keutamaan membaca dua "Surat Alam" (Alam Nasyrah rakaat pertama, Alam Taro rakaat kedua):

ﻭﻗﻴﻞ: ﺇﻥ ﻣﻦ ﺩﻭاﻡ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻻ ﻳﺮﻯ ﺷﺮا ﺫﻟﻚ اﻟﻴﻮﻡ ﺃﺻﻼ

Artinya: "Bahwa orang yang selalu konsisten sholat qobliyah Subuh membaca dua Alam, maka dia tidak akan ketemu kejahatan, keburukan, atau marabahaya sama sekali pada hari itu (hari-hari yang dilaluinya)."

ﻭﻟﺬا ﻗﻴﻞ: ﻣﻦ ﺻﻼﻫﻤﺎ ﺑﺄﻟﻢ ﻭﺃﻟﻢ ﻟﻢ ﻳﺼﺒﻪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ اﻟﻴﻮﻡ ﺃﻟﻢ

"Karenanya dikatakan, siapa yang sholat qobliyah Subuh dengan ayat Alam dan Alam, maka seharian itu dia tidak akan terkena keburukannya alam (penyakit, kecelakaan dan hal-hal yang kita tidak sukai lainnya).

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﻭﺳﺎﺋﻞ اﻟﺤﺎﺟﺎﺕ: ﺑﻠﻐﻨﺎ ﻋﻦ ﻏﻴﺮ ﻭاﺣﺪ ﻣﻦ اﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﻣﻦ ﺃﺭﺑﺎﺏ اﻟﻘﻠﻮﺏ
ﺃﻥ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻓﻲ ﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﻔﺠﺮ ﺃﻟﻢ ﻧﺸﺮﺡ ﻟﻚ ﻭﺃﻟﻢ ﺗﺮ ﻗﺼﺮﺕ ﻋﻨﻪ ﻳﺪ ﻛﻞ ﻋﺪﻭ، ﻭﻟﻢ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺳﺒﻴﻼ

Berkata Imam Al-Ghozali: Telah sampai kepada kami riwayat dari beberapa orang shalih yang ahli spiritual: "Bahwa siapa yang membaca di sholat qobliyah Subuh Alam Nasyroh dan Alam Taro Kaifa, khasiatnya: musuhnya (yang berniat jahat kepadanya) tidak akan bisa melukainya dan para musuh itu tidak mungkin bisa mendapatkan jalan untuk mencelakainya."

Referensi:
Kitab I'anah Attholibin, Hal 246-247

Wallahu A'lam

Baca Juga: Terlambat Sholat Qabliyah Subuh, Apakah Bisa Diqadha?

(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1503 seconds (10.55#12.26)