Manfaat Berdoa saat akan Berpakaian, Nomor Terakhir Menghapus Dosa Masa Lalu

Senin, 16 Januari 2023 - 10:03 WIB
loading...
Manfaat Berdoa saat akan Berpakaian, Nomor Terakhir Menghapus Dosa Masa Lalu
Tak hanya sebagai adab saat berpakaian, ternyata berdoa saat mengenakan pakaian juga memiliki beberapa manfaat bagi umat muslim. Foto ilustrasi/ist
A A A
Berdoa terlebih dahulu saat akan berpakaian ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya bahkan bisa menghapus dosa-dosa kita di masa yang lalu. Seperti diketahui, berpakaian merupakan rutinitas sehari-hari yang tidak mungkin ditinggalkan. Seperti memakai baju sekolah, baju kuliah, baju tidur, memakai sarung, memakai jilbab dan lain sebagainya.

Dan syariat mengajarkan saat berpakaian dianjurkan untuk diawali dengan membaca doa. Namun sayangnya, tak semua umat Islam mengetahui hal tersebut, bahkan cenderung melupakannya.

Baca juga: Adab dan Etika Berpakaian yang Penting Diketahui Kaum Muslimah

Tak hanya sebagai adab saat berpakaian, berdoa saat mengenakan pakaian juga memiliki beberapa manfaat. Untuk itu, jangan lupa kita mengamalkan doa saat mengenakan pakaian ini. Berikut doa mengenakan pakaian biasa atau pakaian sehari-hari yang biasa kita pakai:

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ


Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya"

Sedangkan untuk pakaian baru yang kita beli atau pakaian baru yang lama disimpan dan mau kita pakai lagi, ada doa khususnya. Berikut adalah doa mengenakan pakaian baru.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ


Alhamdulillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku"

Manfaat berdoa dalam berpakaian

Tak hanya sebagai adab saat berpakaian, ternyata berdoa saat mengenakan pakaian juga memiliki beberapa manfaat bagi umat muslim. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaatnya:

1. Tanda syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan

Bersyukur sesungguhnya merupakan jalan pintas yang dapat ditempuh setiap hamba Allah untuk mendekatkan diri pada-Nya. Bersyukur juga merupakan cara cepat untuk meraih kecintaan Allah. Karena bersyukur merupakan ibadah yang cepat mengundang turunnya kasih sayang Allah SWT dan memperoleh tambahan nikmat yang berlipat ganda sebagaimana firman-NYA:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7)

2. Membuat seseorang terlindung dari kejahatan yang ada pada pakaian tersebut

Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu As Sunni menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila mengenakan pakaian gamis, selendang, atau sorban makan akan berdoa :

“Allahumma inny asaluka min khoirihi wa khoiri ma huwa lahu, waaudzubika min syarrihi wa s syari mas huwa lahu”

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan pada-Mu akan kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang berkaitan dengannya, aku berlindung kepadamu dari kejahatannya dan kejahatan yang diakibatkannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3084 seconds (10.55#12.26)