Mengenal Ertugrul, Sosok Ayah dari Pendiri Dinasti Turki Utsmani

Selasa, 17 Januari 2023 - 22:00 WIB
loading...
Mengenal Ertugrul, Sosok Ayah dari Pendiri Dinasti Turki Utsmani
Kesultanan Utsmaniyah (Dinasti Turki Utsmani) pernah berjaya selama 623 tahun dan merupakan dinasti Islam yang bepengaruh di dunia. Foto/dok Istanbulepass
A A A
Sosok Ertugrul Ghazi mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, dia merupakan ayah dari Utsman I, pendiri Kesultanan Utsmaniyah (Turki Utsmani).

Kesultanan Turki Utsmani merupakan Dinasti Islam yang sangat berpengaruh di dunia. Dinasti ini berjaya selama 623 tahun mulai dari Tahun 1299 hingga 1922.

Meski pendiri Turki Utsmani lebih identik dengan putranya bernama Osman I, sejatinya peran Ertugrul tidak bisa dipisahkan dari Kesultanan Utsmaniyah. Mengutip keterangan dari Jurnal "Sejarah Kerajaan Turki Utsmani dan Kemajuannya Bagi Dunia Islam" karya Muhammad Basyrul Muvid, secara historis Ertugrul merupakan perintis kerajaan Turki Utsmani.

Sekitar abad ke-9 atau ke-10 Masehi, Ertugrul dan rombongannya masuk Islam dan menetap di Asia Tengah. Saat menghindari serangan Mongol pada abad ke-13, mereka melarikan diri ke daerah barat dan mencari tempat pegunungan di dataran tinggi Asia kecil.

Di sana, Ertugrul Ghazi dan rombongannya mengabdikan diri kepada Sultan Alauddin II, Sultan Saljuk yang saat itu tengah berperang dengan Bizantium. Atas bantuannya melawan Kekaisaran Bizantium, ia diberi sebidang tanah oleh Sultan Saljuk.

Sayangnya, Ertugrul meninggal dunia pada 1298 M. Kepemimpinan akhirnya dilanjutkan oleh putranya yang bernama Utsman (Osman). Sejak saat inilah, Utsman bin Ertugrul ini dianggap sebagai pendiri kerajaan Utsmani.

Dalam riwayatnya, Ertugrul Ghazi diketahui sebagai putra dari Sulaiman Shah dan Haima Ana. Mengutip laman Fuchsia Magazine, Sulaiman Shah sendiri dikenal sebagai pemimpin Suku Kayi yang melarikan diri ke Anatolia akibat serangan bangsa Mongol.

Pada kehidupannya, ayah dari pendiri Kerajaan Utsmani ini dikenal sebagai pejuang gagah berani. Dalam penyebutannya, dia kerap dijuluki seorang Ghazi yang berarti pejuang heroik Islam.

Selain itu, saat membantu Sultan Alauddin II melawan Bizantium, Ertugrul juga dikenal sebagai ahli strategi perang. Terbukti, sejumlah perencanaannya menyulitkan musuh-musuhnya, termasuk Bizantium sendiri.
Mengenal Ertugrul, Sosok Ayah dari Pendiri Dinasti Turki Utsmani

Pascawafat, Ertugrul mewariskan semangatnya kepada Utsman I yang pada perkembangannya dikenal sebagai pendiri Kesultanan Turki Utsmani. Seperti yang diketahui, dinasti ini menjadi salah satu kekaisaran Islam terbesar yang pernah berkuasa dan berpengaruh di dunia.

Pada abad ke-19, Angkatan Laut Kesultanan Utsmaniyah memberi nama Fregat mereka dengan nama Ertugrul sebagai penghormatan kepadanya. Ertugrul Ghazi dimakamkan di Sogut.

Putranya, Osman Ghazi membangun sebuah masjid di sana. Makam Ertugrul dibangun kembali di era Sultan Abdul Hamid II. Pada tahun 1998, Masjid Ertugrul Ghazi dibangun untuk menghormatinya di Asbghat, provinsi Turkmenistan.

Selain itu, sebuah masjid di Ashgabat, Turkmenistan juga diberi nama Masjid Ertugrul Gazi sebagai penghormatan kepadanya.

Baca Juga: 5 Sultan Turki Utsmani Paling Populer, Nomor 2 Sebaik-baik Pemimpin
Mengenal Ertugrul, Sosok Ayah dari Pendiri Dinasti Turki Utsmani

Makam Ertugrul Ghazi di Sogut, Turki. Foto/dok Channel Nanda Ahmad Basuki
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1467 seconds (10.177#12.26)