Topik Terkait: Idgham Dan Jenisnya

  • Idgham Mimi : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Idgham Mimi adalah salah satu hukum bacaan yang perlu dipahami oleh umat muslim baik dari pengertian maupun cara membacanya. Karena membaca Al Quran dengan benar dan tartil menjadi anjuran bagi setiap Islam.
  • Idgham: Pengertian, Jenis dan Contoh Bacaannya
    Tips
    Senin, 23 Januari 2023 - 04:02 WIB
    Idgham merupakan dalah satu ilmu tajwid yang memadukan atau menggabungkan dua huruf Al-Quran. Berikut pengertian, jenis, contoh dan cara membacanya.
  • Contoh Bacaan Idgham Bighunnah dalam Al-Qur’an, Lengkap dengan Cara Membacanya
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:41 WIB
    Contoh bacaan idgham bighunnah dalam Al-Quran penting untuk diketahui umat Islam. Dengan memahaminya bacaan Al-Quran akan semakin benar, baik, dan tartil.
  • Kenali 5 Hukum Nun Sukun dan Tanwin Beserta Contohnya
    Tips
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:31 WIB
    Hukum nun sukun dan tanwin ini perlu dipahami oleh umat muslim supaya dapat membaca Al Quran dengan benar dan tartil dan tidak mengakibatkan salah baca yang berujung salah makna.
  • Hukum Bacaan Idgham Bighunnah Beserta Contohnya
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:21 WIB
    Berikut hukum bacaan Idgham Bighunnah beserta contohnya. Idgham Bighunnah disebut juga Maal Ghunnah. Cara membacanya yaitu dengan mendengung.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Dandanan Terlarang Bagi Muslimah, Ini Jenis-jenisnya!
    Muslimah
    Jum'at, 10 September 2021 - 13:54 WIB
    Berhias dan berdandan bagi seorang wanita muslimah tidak dilarang dalam Islam.Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak ditemukan jenis dandanan yang ternyata tidak sesuai syariat.
  • Pengertian Mahram dan Jenis - Jenisnya
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Mahram adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada individu-individu tertentu yang memiliki hubungan kekerabatan atau status tertentu yang memungkinkan mereka untuk melakukan interaksi atau kontak fisik tanpa melanggar aturan syariat Islam.
  • Doa Mandi Junub, Tatacara, Ketentuan, dan Jenis-Jenisnya
    Tips
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:00 WIB
    Doa mandi junub dilakukan setelah diri kita bersih alias sudah mandi wajib atau mandi junub. Lalu bagaimana ketentuan mandi junub sesuai dengan sunnah Nabi?
  • Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 20:28 WIB
    Hukum bacaan idgham mutamatsilain adalah apabila ada huruf yang bertemu huruf yang sama yang juga memiliki makhroj dan sifat yang sama, huruf yang pertama berharakat sukun dan huruf yang kedua berharakat.
  • Ciri dan Sifat Yajuj dan Majuj dan Kemunculannya Jelang Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 23:48 WIB
    Yajuj dan Majuj adalah makhluk yang berbuat kerusakan di muka bumi. Mereka akan keluar jelang Kiamat setelah turunnya Dajjal dan Nabi Isa. Berikut ciri dan sifat mereka.
  • Antara Jilbab dan Akhlak,  Adakah Korelasinya?
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 14:57 WIB
    Kerap kali permasalahan jilbab atau hijab dikaitkan dengan akhlak seseorang. Hingga hampir mencoreng kesucian dari makna hijab itu sendiri. Sebenarnya adakah keterkaitan antara jilbab dengan akhlak ini?
  • Doa dan Ayat Al-Quran yang Paling Ditakuti Jin dan Setan
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:05 WIB
    Doa dan ayat Al-Quran yang paling ditakuti Jin dan setan perlu diketahui kaum muslimin. Amalan ini bisa dibaca kapan saja agar kita dilindungi dari gangguan mereka.
  • Hiasan Rumah dalam Islam: Ini Lambang Kemewahan dan Kemusyrikan yang Dilarang
    Tausyiah
    Selasa, 01 September 2020 - 05:00 WIB
    Seorang muslim tidak dilarang untuk menghias rumahnya dengan karangan bunga yang warna-warni, dan ukiran-ukiran serta hiasan yang halal. Namun demikian, Islam tidak suka yang berlebih-lebihan.
  • Langit dan Bumi Diciptakan dalam 6 Masa, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 21:46 WIB
    Jika kita mengetahui bagaimana penciptaan langit dan bumi pasti hati kita akan tunduk kepada-Nya. Allah mengabarkan bahwa langit dan bumi diciptakan dalam enam masa.
  • Pandangan Al-Quran dan Sains Tentang Penciptaan Manusia
    Hikmah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 23:16 WIB
    Setelah menciptakan langit dan bumi, Allah menjelaskan penciptaan manusia dan Jin dalam Al-Quran. Allah menciptakan manusia dari tanah kemudian meniupkan ruh kepadanya.
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023 Berikut Jadwal Harinya
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 21:53 WIB
    Niat puasa Tarwiyah dan Arafah 2023 berikut jadwal harinya penting diketahui umat muslim. Tahun ini ada dua versi terkait hari pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Antara Rezeki dan Keimanan
    Muslimah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 14:23 WIB
    Bagi orang yang tahu pembagi rezeki adalah Allah Subhanhu wa taala, bahwa kita ini sudah lengkap dengan rezekinya. Kita tidak disuruh mencari rezeki tetapi menjemput rezeki.
  • Makanan dan Minuman Setan dalam Penjelasan Hadis serta Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Makanan dan minuman setan atau jin ternyata banyak dijelaskan dalam hadis dan Al-Quran. Apakah setan dan jin memerlukan makanan dan minuman itu atau hanya kiasan penggambarannya?
  • Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain: Huruf, Contoh Bacaan, dan Cara Bacanya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:41 WIB
    Sebelum membahas hukum bacaan idgham mutajanisain (huruf, contoh bacaan, dan tara bacanya), terlebih dahulu kita apa yang dimaksud dengan idgham mutajanisain.
  • Syarat dan Adab Berzikir yang Sering Terlewatkan
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 18:22 WIB
    Salah satu ibadah yang paling mudah dan ringan namun memiliki keutamaan dan pahala yang besar adalah berzikir. Zikir pun merupakan sebaik-baiknya amal, seorang muslim.