Topik Terkait: Pasutri Menurut Al Quran Dan Hadis

  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 15:59 WIB
    Banyak sekali riwayat yang menjelaskan tentang fadhillah membaca dan mempelajari Al-Quran. Berikut 40 Hadis keutamaan Al-Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.
  • 5 Hadis Palsu Tentang Cincin Akik Menurut Al-Albani
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:22 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut setidaknya ada 5 hadis maudhu atau palsu terkait imbauan Nabi Muhammad SAW agar umatnya mengenakan cincin batu akik.
  • Rahasia Agar Hati Ikhlas Menurut Al-Quran dan Sunnah
    Tausiyah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 18:15 WIB
    Dalam pandangan syariat, syarat diterimanya amal ibadah seseorang adalah ikhlas. Ikhlas adalah murni, tidak bercampur dengan yang lain.
  • Dalil-dalil Al Quran dan Hadis Tentang Larangan Riba, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:15 WIB
    Ada banyak dalil dalam al Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, terkait larangan dan dosa riba. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • Bacaan Shalawat yang Shahih Menurut Hadis
    Tips
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:03 WIB
    Setiap muslim diwajibkan membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Sholawat yang dibaca hendaknya seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Berikut Hal-Hal yang Diharamkan Dalam Al-Quran dan Hadis Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:25 WIB
    Perkara yang telah dijelaskan di dalam al-Quran dan sunnah sebagai sesuatu yang haram, maka ia adalah tetap haram, maka hindarilah. Apa saja yang haram itu?
  • 4 Hadis Palsu tentang Dunia Menurut Syaikh Al-Albani
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 21:42 WIB
    Setidaknya ada 4 hadis palsu yang berkaitan dengan dunia. Salah satunya adalah kalimat yang diklaim hadis yang berbunyi: Dunia adalah langkah seorang mukmin.
  • Al-Muwattha Kitab Hadis Pertama dalam Islam, Ini Alasan Pemberian Namanya
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 17:22 WIB
    Al-Muwattha merupakan kitab Hadis yang masyhur dalam khazanah Islam. Kitab Imam Malik ini merupakan kitab Hadis pertama di antara 9 kitab Hadis paling populer.
  • Perihal Cinta yang Dijelaskan dalam Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan.
  • Referensi Mode Muslimah dalam Al Quran dan Hadis, Simak Yuk!
    Muslimah
    Selasa, 23 April 2024 - 10:16 WIB
    Banyak referensi yang tersebar tentang gaya berbusana atau mode muslimah dalam sumber-sumber tertulis seperti Al Quran dan Hadis Nabi Shallallahu alihi wa sallam.
  • Doa agar Dapat Jodoh Menurut Al Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 12:30 WIB
    Doa untuk mendapat jodoh yang kita harapkan bisa diamalkan secara rutin. Doa ini bersumber dari Al-Quran dan Hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kemenag Hadirkan Al-Qur’an Isyarat dan Terjemahan Bahasa Daerah
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Al Quran Isyarat 30 juz dengan terjemahan Al-Quran Bahasa Daerah. Kedua fitur tersebut merupakan hasil pengembangan Quran Kemang Android versi 2.4 RC1 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat Kemenag.
  • Hadis Arbain: Janganlah Engkau Marah
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:16 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-16 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Bicara tentang Sabar Pada Saat Kena Musibah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:51 WIB
    Rasulullah menasihati Ummu Al-Ala menjelaskan bahwa orang mukmin itu diuji Rabb-nya agar Dia bisa menghapus kesalahan dan dosa-dosanya. Allah menyebut kata sabar dalam Al-Quran sebanyak 70 kali.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • 4 Tingkatan Membaca Al-Quran, Kamu yang Mana?
    Tausiyah
    Kamis, 13 Februari 2020 - 21:37 WIB
    Sebelum mendalami Al-Quran, umat Islam perlu mengetahui tingkatan dalam membaca Al-Quran. Berikut 4 tingkatan membaca Al-Quran.
  • Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah dan Cepat
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:16 WIB
    Cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat mesti diawali dengan niat yang tulus. Berikut Cara Menghafal Al-Quran sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • Begini Idealnya Hubungan Suami Istri Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 17:01 WIB
    Interaksi dan muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • Beda Pendapat Ulama tentang Definisi Hadis Qudsi: Apa Bedanya dengan Al-Quran?
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:15 WIB
    Al-Jurjani dalam kitab at-Tarifat menjelaskan, hadis qudsi adalah hadis yang secara makna datang dari Allah, sementara redaksinya dari Rasulullah SAW.