Topik Terkait: Pola Tidur Rasulullah

  • Doa Ketika Susah Tidur sesuai Sunah Rasulullah
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 21:02 WIB
    Doa saat sulit tidur atau insomia ini dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Tentang insomnia ini juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW.
  • Wasiat Rasulullah SAW yang Dianjurkan Diamalkan sebelum Tidur
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 19:05 WIB
    Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan ada sebuah riwayat bahwa pada suatu malam menjelang tidur, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada istrinya Aisyah. Apa isi wasiatnya Baginda Nabi SAW ini?
  • Amalan Tidur Sehat Jasmani dan Rohani Berdasarkan Sunnah
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 19:30 WIB
    Ada amalan sebelum tidur berdasarkan sunnah Nabi Shalallahu alaihi wa sallam yang jika diamalkan dengan rutin maka ruang gerak dosa akan dipersempit, dan sudah pasti akan menambah pahala.
  • 4 Amalan Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah SAW
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:20 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Doa Tidur yang Dibaca Rasulullah SAW dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 00:00 WIB
    Selain doa Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut, ada doa lain yang memiliki keutamaan besar. Berikut doa Rasulullah SAW ketika hendak tidur.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Saat Mengalami Kesulitan Tidur, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 18:41 WIB
    Rasulullah menganjurkan kepada kita umat Islam untuk membaca doa sebelum tidur. Supaya kita dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari godaan setan maupun ancaman dari binatang-binatang buas.
  • 5 Rahasia Rasulullah Jarang Sakit, Patut Kita Tiru!
    Hikmah
    Jum'at, 19 November 2021 - 17:11 WIB
    Rahasia Rasulullah jarang sakit patut kita tiru agar hidup lebih berkah dan produktif. Selama hidupnya, Rasulullah hanya mengalami sakit dua kali. Berikut rahasianya.
  • Tidur Qailullah,  Sunnah Rasulullah yang Banyak Manfaatnya
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 11:31 WIB
    Tidur Qailullah adalah tidur di siang hari. Tidur ini ternyata merupakan salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Membaca Al-Quran dan Berselawat Sebelum Tidur, Perintah Rasulullah SAW pada Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 27 September 2023 - 19:14 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Rahasia Hidup Berkah, Ternyata Rasulullah SAW Tidur Sehari 3 Kali
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 16:42 WIB
    Tidak ada manusia yang hidupnya paling produktif dan usinya paling berkah kecuali Nabi Muhammad. Apa yang membuat Rasulullah begitu produktif? Berikut rahasianya.
  • Beginilah Pola Makanan Sehat dalam Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 16:38 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh. Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh.
  • Lingkungan dan Pola Pendidikan Anak dalam Pandangan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Senin, 31 Juli 2023 - 17:29 WIB
    Dalam salah satu hadis Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam mengingatkan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap seseorang.
  • Patut Ditiru, Begini Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Jantung
    Tips
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 21:40 WIB
    Tips sehat ala Rasulullah SAW patut diteladani semua orang termasuk cara beliau menjaga kesehatan jantung. Semasa hidup beliau hanya mengalami sakit dua kali.
  • Adab-adab Sebelum Tidur yang Penting Diketahui
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:20 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Tidur bukan hanya merebahkan tubuh di atas kasur semata, tetapi ada rahasia yang terkandung di dalamnya.
  • Tidur Siang, Sunah Rasulullah SAW yang Tidak akan Diambil Setan
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 11:44 WIB
    Tidur siang atau tidur qailulah, merupakan sunah Rasulullah Shallallahu alaihui wa sallam yang banyak sekali manfaatnya.
  • Faedah Doa Sebelum Tidur yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:19 WIB
    Doa sebelum tidur yang cukup populer dan sangat familiar di kalangan umat muslim, adalah Bismika Allahumma Amuutu wa Ahyaa (dengan nama-Mu Ya Allah, aku mati dan hidup).
  • Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 01 April 2021 - 18:43 WIB
    Jika kita mengalami kesulitan tidur atau insomnia, ada doa khusus yang dianjurkan Rasulullah yang bisa kita amalkan. Doa ini diajarkan langsung Rasulullah kepada sahabatnya Zaid bin Tsabit.
  • Dilarangnya Tidak Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 20:03 WIB
    Kondisi perut yang kenyang dan rasa kantuk yang masih tersisa kerap membuat seseorang memilih kembali tidur usai santap sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan prilaku ini termasuk dalam kategori yang kurang baik.
  • 5 Manfaat Tidur Sunnah Qailullah, Nomor 1 Menguatkan Ingatan
    Tips
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:02 WIB
    Tidur qailulah, namanya terasa asing terdengar, namun demikian mungkin hampir semua orang pernah melakukannya. Qailulah adalah tidur di siang hari.
  • Akhlak Rasulullah SAW yang Mengagumkan dan Doa Beliau Ketika Tidur
    Tausyiah
    Minggu, 06 September 2020 - 19:03 WIB
    Jika ingin belajar tentang budi pekerti dan akhlak mulia maka satu-satunya sosok teladan terbaik ialah Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).