Kumpulan Artikel: Hadis Rasulullah

  • Bagaimana Hukum Menikah di Tanah Suci? Begini Penjelasan Hadis
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 09:57 WIB
    Bagaimana hukum menikah di Tanah Suci? Pertanyaan ini muncul menyusul pihak otoritas Arab Saudi yang memperbolehkan akad nikah dilakukan di 2 kota suci Makkah dan Madinah tersebut.
  • Doa yang Diucapkan Suami kepada Istrinya Sambil Memegang Ubun-Ubun Istrinya
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Doa yang diucapkan suami kepada istrinya sambil memegang ubun-ubun Istrinya: Allaahumma innii as-aluka khoirohaa, wa khoiro maa jabaltahaa alaihi, wa auudzu bika min syarrihaa, wa syarri maa jabaltahaa alaihi.
  • 4 Hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak Sejak Usia Dini
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:54 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Makna Hadis Umat Islam Banyak, Tapi Seperti Buih di Lautan
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:07 WIB
    Makna hadis Umat Islam saat ini sama seperti buih perlu dipahami oleh setiap muslim untuk memperkokoh akidahnya kembali. Karena kondisi umat muslim saat ini memang telah menggambarkan apa yang disebutkan oleh hadis tersebut.
  • Beginilah Nasib Akhir Kaum Yahudi dalam Hadis Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:38 WIB
    Setiap orang saat ini, masih bertanya-tanya bagaimana sebanarnya nasib kaum Yahudi di akhir zaman nanti? Padahal Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa akhir dari nasib bangsa Yahudi berada di tangan Umat Islam.
  • Mengenal Negeri Palestina dalam Hadis-Hadis Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mengenal Negeri Palestina dalam hadis-hadis Rasulullah SAW penting diketahui umat Islam. Sebagai negeri yang diberkahi, kondisi negeri Palestina akan terus disebut sebagai pertanda akhir zaman hingga menjelang kiamat.
  • Inilah 3 Nasihat Utama Rasulullah SAW kepada Para Suami untuk Istrinya
    Muslimah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:35 WIB
    Banyak nasihat Baginda Nabi SAW kepada para lelaki atau par suami bagaimana ia harus memperlakukan kaum wanita khususnya istri-istri mereka.
  • Inilah 3 Ciri Wanita Terbaik dalam Hadis Rasulullah SAW
    Muslimah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:30 WIB
    Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan agar seorang wanita harus berperilaku baik dengan menaati suaminya dalam perkara yang syari, dan menjauhi keburukan.
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:42 WIB
    Mengenalkan hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallan yang berisi nasihat-nasihat sangat perlu dilakukan orang tua kepada anak-anaknya, yang dimulai dengan hadis hadis ringan
  • Hadis-Hadis Palsu dan Dhaif tentang Cinta Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:25 WIB
    Ada sejumlah hadis palsu atau maudhu dan dhaif terkait cinta Allah SWT. Salah satu hadis itu berbunyi, Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang mukmin, yang tertimpa fitnah, yang banyak bertobat.
  • 9 Hadis Tentang Pernikahan yang Penting untuk Diketahui Kaum Muslim
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • 3 Hadis Dhaif tentang Negeri Syam dan Perempuan Cantik
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 16:29 WIB
    Syaikh al-Albani menyebut sedikitnya ada dua hadis terkait Negeri Syam yang ditengarai dhaif alias lemah. Di samping itu ada satu hadis tentang perempuan yang juga dhaif bahkan dusta.
  • 3 Kisah Nasib Buruk Mereka yang Menghina Hadis Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 17:18 WIB
    Berikut ini adalah tiga kisah nasib buruk mereka yang menghina hadis Rasulullah SAW yang dihimpun Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam bukunya berjudul Aneh dan Lucu.
  • 3 Hadis Masyhur tapi Dhaif dan Maudhu Menurut Syaikh Al-Albani
    Tausyiah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 13:00 WIB
    Tak sedikit hadis masyhur ternyata palsu. Seorang zindiq diketemukan telah memalsu lebih dari 4.000 hadis. Bahkan dari tiga orang pemalsu bisa dipastikan telah keluar puluhan ribu hadis palsu.
  • Puasa Sebagai Ujian Kesadaran Adanya Tuhan yang Maha Hadir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 17:13 WIB
    Salah satu hakikat ibadah puasa ialah sifatnya yang pribadi, bahkan merupakan rahasia antara seorang manusia dengan Tuhannya. Dan segi kerahasiaan itu merupakan letak seorang manusia dengan Tuhannya.
  • 2 Balasan Pahala Menghapal Hadis, Nomor 2 Membuat Wajah Bercahaya
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 14:07 WIB
    Menghapal hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam memiliki keutamaan tersendiri bagi yang mengamalkannya. Kenapa demikian? Karena hadis merupakan kunci memahami Al-Quran, dan jalan untuk mengetahui petunjuk Rasulullah.
  • Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 10:23 WIB
    Doa ketika lupa baca doa makan ini sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. Ada bacaan khusus yang harus dilafalkan ketika lupa membaca doa sebelum makan
  • Peringatan Rasulullah Tentang Perbuatan yang Menjadi Sebab Turunnya Azab
    Tips
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam memberikan sebuah peringatan kepada umatnya tentang perbuatan yang menjadi sebab datangnya azab Allah di dunia.
  • Faedah Tolong Menolong, Tak Hanya Dibalas di Dunia Tetapi juga di Akhirat
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 16:30 WIB
    Salah satu sebab turunnya pertolongan Allah atas seorang hamba adalah dengan membantu sesama. Bahkan di akhirat kelak, Allah Subhanahu wa Taala akan menolong dan membantu kita.
  • 4 Hadis Tentang Doa Mustajab
    Tips
    Jum'at, 17 September 2021 - 20:06 WIB
    Doa mustajab adalah doa yang terkabul. Setiap orang tentu mengharapkan doa yang mustajab ini, agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa taala