Kumpulan Artikel: Haji 2024 (halaman 2)

  • Ini yang Mesti Dilakukan Jemaah Haji saat Sampai di Makkah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:12 WIB
    Bagi yang berhaji Tamattuk melaksanakan manasik umrah lalu bertahalul jika telah selesai. Jika telah bertahalul maka sudah dihalalkan apa-apa yang diharamkan saat ihram.
  • Tamattu: Ibadah Haji yang Paling Utama
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:06 WIB
    Tamattu adalah yang paling utama, karena ia adalah yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya dan menyarankan agar mereka bertahallul pada haji wada kecuali orang yang membawa hadyu.
  • 3 Macam Haji: Tamattu, Qiran dan Ifrad
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:00 WIB
    Tata cara haji tamattu: yaitu berihram dengan umrah di bulan-bulan haji dan selesai darinya, kemudian berihram dengan haji dari Makkah atau di dekatnya dalam tahun yang sama. Diwajibkan baginya menyembelih hadyu.
  • 20 Jemaah Haji Rawat Inap, 4 Orang Wafat
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 23:17 WIB
    Hari keenam kedatangan jemaah haji Indonesia tercatat 41.654 orang lebih mendarat di Madinah. Para jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Madinah tercatat berasal dari 107 kloter.
  • Tata Cara Ihram Perempuan Haid dan Nifas
    Muslimah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 22:26 WIB
    Perempuan yang haid dan nifas boleh mandi dan berihram haji atau umrah, ia tetap dalam ihramnya dan menunaikan ibadah-ibadah haji. Akan tetapi ia tidak boleh thawaf di baitullah hingga ia suci.
  • Hukum Haji Menggunakan Dana Talangan
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 17:45 WIB
    Hukum haji menggunakan dana talangan adalah mubah dengan syarat, demikian fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di sisi lain, ada yang berpendapat dilarang.
  • Kedudukan Baitulharam dan Keistimewaan Tanah Haram
    Hikmah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 17:02 WIB
    Allah SWT menjadikan Baitul Haram diagungkan, menjadikan Masjidilharam sebagai halaman baginya, menjadikan kota Makkah sebagai halaman bagi Masjidilharam.
  • Kemuliaan dan Rahasia Ibadah Haji Menurut Syaikh At-Tuwaijri
    Hikmah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 16:55 WIB
    Segala perbedaan jenis, warna, bahasa, tanah air dan tingkatan sirna dan tampak hakikat penghambaan dan persaudaraan. Semua dengan satu pakaian, menghadap kepada satu kiblat dan menyembah satu Ilah.
  • Doa dan Zikir untuk Melepas Calon Jemaah Haji
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 14:51 WIB
    Doa dan zikir untuk melepas calon jemaah haji penting diketahui, agar calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah diberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan
  • 15 Syarat Khusus Bagi Haji Wanita yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Selain syarat wajib, ada syarat khusus bagi haji wanita yang harus diperhatikan dan penting dipenuhi. Haji sendiri hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu.
  • 5 Miqat Makani: Bagaimana Jika Tempat Tinggal Jemaah Haji di Luar Tempat-Tempat Itu?
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:12 WIB
    Bagi tanah haram ada batas-batas, yaitu miqat-miqat yang tidak boleh melewatinya bagi orang yang ingin berhaji dan umrah kepadanya (Makkah) kecuali dengan berihram.
  • Tata Cara Berihram dalam Pesawat Terbang
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:06 WIB
    Barangsiapa yang menaiki pesawat terbang karena ingin berhaji atau umrah atau untuk keduanya secara bersamaan, maka sesungguhnya ia berihram di dalam pesawat apabila telah sejajar salah satu miqat-miqat ini.
  • Bagaimana Hukum Anak yang Belum Baligh Menunaikan Ibadah Haji?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Di Indonesia pada umumnya jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci berumur 20 tahun ke atas, bahkan sudah lansia. Namun, di Timur Tengah, banyak anak kecil yang sudah melaksanakan ibadah haji. Bagaimana hukumnya?
  • Arab Saudi Luncurkan Layanan Identitas Digital bagi Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Mei 2024 - 15:20 WIB
    Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi meluncurkan layanan identitas digital untuk jamaah haji yang datang dari luar negeri dengan visa haji untuk musim tahun ini.
  • Arab Saudi Wajibkan Jemaah Haji Menerima Suntikan Vaksinasi
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Mei 2024 - 15:12 WIB
    Arab Saudi mendesak warganya untuk menerima suntikan vaksinasi terlebih dahulu dan mendaftarkannya melalui aplikasi Sehhaty bagi mereka yang berencana berangkat haji tahun ini
  • Berikut Ini Syarat-Syarat untuk Sahnya Amalan Sai
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 14:56 WIB
    Sai adalah berjalan kaki dan berlari-lari kecil di antara kedua bukit Shafa dan Marwah, sebanyak tujuh kali (bolak-balik) dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya.
  • 7 Syarat Thawaf: Mengelilingi Kakbah seperti Salat, Ini Maksudnya
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 14:17 WIB
    Thawaf mengelilingi Kakbah seperti salat, namun dalam thawaf kalian boleh berbicara. Barangsiapa yang berbicara ketika thawaf hendaklah ia berbicara dengan perkataan yang baik.
  • 7 Etika Calon Jemaah Haji untuk Mendapatkan Derajat Haji Mabrur
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 13:20 WIB
    Ada beberapa etika yang harus diperhatikan calon jemaah haji yang disampaikan oleh Imam Al-Ghazali agar mendapatkan atau yang menginginkan derajat haji mabrur. Etika apa saja?
  • Bacaan Doa Tahallul Awal saat Haji, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 10:15 WIB
    Bacaan doa tahallul awal saat ibadah haji penting diketahui kaum muslim, terutama para jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah tersebut di Tanah Suci.
  • Ganjaran Haji Mabrur adalah Surga, Begini Penjelasan Hadisnya
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Siapakan sebenarnya haji mabrur itu? Apakah yang semua berangkat menunaikan ibadah haji berhak mendapat gelar tersebut? Bagaimana penjelasannya?