Kumpulan Artikel: Niat (halaman 4)

  • Tahapan dan Tata Cara Bersuci Setelah Selesai Haid
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:46 WIB
    Dalam Islam, bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah salat dan puasa.
  • Salat Sunah Sebelum Maghrib, Dijauhkan dan Dilindungi dari Setan
    Hikmah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:47 WIB
    Waktu Maghrib mendapat perhatian khusus dari Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam, karena waktu tersebut adalah awal dimulainya malam dan pertanda mulai keluarnya bala tentara jin, yakni setan
  • Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis Dibaca Siang Hari
    Tips
    Senin, 18 Desember 2023 - 09:46 WIB
    Niat puasa sunah Senin-kamis biasanya dilakukan dan diamalkan pada malam hari, atau sejak terbenamnya matahari hingga fajar.
  • Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Bacaan niat puasa Senin-Kamis dalan bahasa Indonesia dan Arab ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut
  • Berniat Buruk Apakah Termasuk Dosa? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 20:31 WIB
    Di antara kasih sayang Allah terhadap manusia adalah amal kebaikan bisa menghapus keburukan, sedangkan keburukan tidak akan menghapus kebaikan.
  • Doa dan Zikir setelah Salat Hajat
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 13:33 WIB
    Doa dan zikir setelah salat hajat ini bisa diamalkan dengan mudah oleh setiap muslim. Salat hajat sendiri merupakan salat sunahyang dikerjakan untuk meminta kepada Allah SWT supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah
  • Hadis Arbain: Amalan Bergantung pada Niat
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:22 WIB
    Hadis ini Diriwayatkan oleh dua Imamnya para ahli hadits, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi.
  • Salat Ghaib, Niat dan Tata Caranya Lengkap
    Tips
    Sabtu, 04 November 2023 - 11:15 WIB
    Salat ghaib merupakan salah satu salat sunnah yang dilaksanakan untuk mensalatkan muslim yang meninggal di tempat yang jauh.Seperti saat ini, banyak kaum muslim yang wafat dalam peperangan antara Pallestina dan Israel.
  • Puasa Daud dan 10 Keutamaannya yang Dahsyat
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 17:13 WIB
    Puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka. Sesuai namanya puasa ini adalah puasa yang rutin dilakukan Nabi Daud alaihissalam.
  • Doa agar Disampaikan Ke Bulan Ramadan
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 13:45 WIB
    Doa agar disampaikan ke bulan Ramadan penting diketahui umat muslim. Bahkan para Salafus Shalih sering mengamalkanya enam bulan sebelum Ramadan tiba.
  • Benarkah Ikhlas Beramal Berarti Tidak Mengharap Pahala?
    Tausyiah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 10:28 WIB
    Dalam Islam, melakukan amal ibadah harus berdasarkan niat yang ikhlas karena Allah Taala, tanpa harus mengharapkan pahala. Benarkan demikian?
  • Mutiara Hadis: Niat Berbuat Baik Saja Diganjar Pahala
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 20:18 WIB
    Hadis satu ini cukup populer di kalangan penuntut ilmu. Betapa luasnya rahmat Allah dan kasih sayang-Nya. Berniat melakukan kebaikan saja walau tidak dikerjakan diganjar dengan satu kebaikan.
  • Bagaimana Hukum Mandi Taubat, Niat dan Tata Caranya?
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • Doa Sujud Syukur dengan Bahasa Arab, Terjemahan serta Dalilnya
    Tips
    Senin, 09 Oktober 2023 - 19:09 WIB
    Doa sujud syukur ini penting dipahami dan dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah subhanahu wa taala. Kenapa harus sujud syukur? Apa Dalilnya?
  • Bacaan Doa Setelah Wudu yang Banyak Keutamaannya, Yuk Amalkan!
    Tips
    Sabtu, 30 September 2023 - 16:03 WIB
    Doa setelah wudu ini bagi sebagian umat muslim mungkin jarang diamalkan, padahal banyak sekali keutamaannya. Salah satu, keutamaam membaca doa setelah wudu adalah dibuka baginya delapan pintu surga.
  • Niat Sholat Jamak Zhuhur dan Ashar Beserta Tata Caranya
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 21:54 WIB
    Berikut niat sholat Jamak Zhuhur dan Ashar beserta tata caranya. Jamak artinya mengumpulkan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan dikerjakan secara berturut-turut.
  • Adakah Sholat Sunnah Qabliyah Maghrib? Ini Penjelasan Lengkapnya
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 22:18 WIB
    Di beberapa daerah mungkin pernah menemukan masjid tidak menggelar sholat sunnah qabliyah Magrhrib. Bagaimana sebenarnya hukum sholat sunnah qabliyah Maghrib?
  • 5 Salat Sunah Malam Beserta dengan Niatnya
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 13:06 WIB
    Salat Sunah Malam menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Sebab amal ibadah yang satu ini memiliki ganjaran yang luar biasa bagi siapa saja yang mau melakukannya.
  • Bingung Berwudu di Tempat Umum? Begini Tata Caranya untuk Muslimah Berhijab
    Muslimah
    Senin, 25 September 2023 - 12:30 WIB
    Bagi muslimah berhijab, terkadang merasa kebingungan untuk wudu akan salat ketika berada di area publik atau umum. Pasalnya, seringkali mereka kesulitan mendapatkan tempat wudu yang aman.
  • Bacaan Niat Salat Fajar, Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 23 September 2023 - 19:45 WIB
    Bacaan niat Salat Fajar ini penting dihapalkan karena banyak keutamaan dari salat sunnah di waktu fajar atau waktu sebelum subuh tersebut.