Topik Terkait: Istri Yang Baik

  • Berakhlak yang Baik Menjadi Pemberat Timbangan
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 15:13 WIB
    Sesungguhnya disyariatkan bagi setiap muslim untuk berakhlak yang baik. Karena di antara tujuan diutusnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.
  • Akhlak dan Kepribadian Istri-istri Rasulullah SAW yang Wajib Ditiru Kaum Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 15:22 WIB
    Para istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjadi potret yang patut dicontoh baik sebagai seorang muslimah ataupun kedudukannya sebagai seorang istri.
  • Model Busana Muslimah yang Dipakai Istri-istri Rasulullah
    Muslimah
    Rabu, 03 November 2021 - 14:25 WIB
    Potret keteladanan bagi kaum muslimah dalam berbusana hendaknya melihat para istri (ummul mukminin) Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam. Sebenarnya, bagaimana kebiasaan istri Rasulullah dalam berpakaian tersebut?
  • Ummu Dzar : Potret Istri yang Sangat Berbakti kepada Suami
    Muslimah
    Jum'at, 22 September 2023 - 18:06 WIB
    Ini adalah kisah dari Ummu Dzar, istri dari sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang bernama Abu Dzar. Ummu Dzar dikenal karena kesetiaan dan pengabdian atau bakti pada suaminya yang tinggi.
  • Kisah Hikmah : Istri Nabi Musa Alaihisalam yang Pemalu
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 15:31 WIB
    Nabi Musa alaihissalam memiliki seorang istri yang disifati Allah Taala sebagai perempuan muslimah yang pemalu dan santun. Seorang perempuan yang terpercaya, kuat, pendidikannya sempurna, yang selalu menjaga kesucian diri.
  • Penjelasan Hadis Nabi SAW: Sebaik-baiknya Orang Beriman adalah Paling Baik Terhadap Istrinya
    Muslimah
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:21 WIB
    Salah satu hadis Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam ini sangat populer, bahkan menegaskan tentang bagaimana sosok seorang mukmin terbaik sesungguhnya.
  • Bicara yang Baik Atau Diam!
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • 2 Kriteria Memilih Calon Istri Menurut Imam Al-Kurdy
    Tausyiah
    Senin, 04 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Setiap laki-laki pasti mendambakan sosok istri terbaik yang diridhoi Allah Taala. Seperti apa kriteria memilih calon istri? Simak penjelasan Imam Al-Kurdi berikut.
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Memperlakukan Istri dengan Cara yang Maruf
    Muslimah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 11:45 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan kepada para suami agar selalu berbuat baik kepada istri-istri mereka dan menghindari sikap menyakiti mereka. Apalagi, sampai membuat istrinya menangis.
  • Hubungan Suami-Istri Ibarat Pakaian, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:46 WIB
    Muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • 3 Istri Nabi Muhammad SAW yang Berstatus Janda saat Dinikahi
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 15:53 WIB
    Setidaknya ada 10 istri Nabi Muhammad SAW yang berstatus janda saat dinikahi. Berikut adalah 3 di antaranya. Mereka adalah Ummu Salamah, Zainab binti Jahsy, dan Raihanah binti Zaid.
  • Hadis Arbain: Allah Mahabaik dan Hanya Menerima yang Baik
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 11:11 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-11 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Istri Nabi Ayyub, Laya Binti Yaqub: Potret Perempuan yang Baik dan Sabar
    Muslimah
    Senin, 15 November 2021 - 06:17 WIB
    Contoh istimewa dari sifat sabar yang dimiliki seorang istri adalah perempuan mulia istri Nabi Ayyub Alaihissalam yakni Laya binti Yaqub. Siapa Laya binti Yaqub ini? Apa saja keistimewaan sifatnya?
  • 5 Sifat Istri Ini akan Mendongkrak Rezeki Suami
    Muslimah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 14:37 WIB
    Ketaatan dan kesalehaan seorang istri akan membantu kelancaran dan kesuksesan suami. Suami istri yang taat kepada Allah akan mendatangkan keberkahan dan kemudahan rezeki
  • Hak-hak Istri yang Wajib Ditunaikan Suami
    Muslimah
    Rabu, 09 November 2022 - 10:41 WIB
    Dalam Islam, pernikahan adalah tempat untuk mempertemukan kecenderungan dua jenis manusia dalam lembaga yang kokoh. Diharapkan orang-orang yang berkumpul di dalamnya merasa nyaman, tenang, dan tenteram.
  • 5 Fakta Shafiyah binti Huyay, Istri Rasulullah SAW dari Keturunan Yahudi
    Muslimah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:00 WIB
    Shafiyah binti Huyay radhiyallahu anha merupakan salah satu Ummul Mukminin atau istri dari Nabi Muhammad SAW yang berasal dari keturunan Yahudi.
  • Bagaimana Hukum Seorang Istri yang Tidak Mau Hamil Lagi?
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 13:18 WIB
    Bagaimana hukum wanita atau seorang istri yang tidak mau hamil lagi? Haruskah ada alasan syari atau tidak? Bagaimana Islam memandang hal tersebut?
  • Hak-hak Istri Atas Diri Suaminya, Salah Satunya Prasangka Baik
    Muslimah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:12 WIB
    Bagi istri, selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya, Allah Taala berfirman dalam surah Al Baqarah : 228.
  • Adakah Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami?
    Muslimah
    Selasa, 02 November 2021 - 07:07 WIB
    Bila seorang suami berselingkuh, bagaimana seharusnya sikap seorang istri? Benarkah ada pahala untuknya? Bagaimana pula pandangan syariat tentang perselingkungan ini?