Kumpulan Artikel: Hadis Nabi (halaman 6)

  • 3 Bagian Ilmu Agama Menurut Guru Sufi Abu Nasr as-Sarraj
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 10:27 WIB
    Di antara bermacam-macam pengetahuan, ilmu agama terbagi menjadi tiga: ilmu Al-Quran, ilmu hadis, dan penjelasan atau pengetahuan tentang realitas-realitas keimanan.
  • Kiamat Bisa Terjadi Hanya dengan Setetes Buah Zaqqum
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 09:45 WIB
    Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia, demikian hadis dari Ibnu Abbas ra menginformaiskan.
  • Hukum Asal Masalah Agama Terlarang Sampai Ada Dalil yang Mensyariatkannya
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 08:49 WIB
    Hukum asal masalah agama/ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yang mensyariatkannya, sedangkan hukum asal semua urusan muamalah dunia adalah boleh sampai ada dalil yang melarangnya
  • Doa dan Zikir saat Kesulitan Sesuai Hadis Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 13:45 WIB
    Doa dan zikir saat kesulitan yang sering diamalkan Nabi Muhammad SAW sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas ra sebagai berikut.
  • 3 Doa yang Dikabulkan Allah Taala, Salah Satunya Doa Kedua Orang Tua Terhadap Anaknya
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 12:45 WIB
    Seorang anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya kemudian kedua orang tuanya tersebut mendoakan kejelekan, maka doa kedua orang tua tersebut bisa dikabulkan oleh Allah Taala.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 2 Kunci Amalan Diterima Allah Taala Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 07:59 WIB
    Hadis tersebut mengatakan ibadah tidak akan diterima hingga terpenuhi dua syarat: Pertama: Ikhlas karena Allah Kedua, sesuai dengan tuntunan syariat yang telah digariskan dalam Al-Quran dan Sunnah.
  • Hadis Berikut Ini Dinilai Imam An-Nawawi sebagai Senjata Mengingkari Kemungkaran
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis berikut ini dinilai banyak ulama sangat penting sehingga banyak dikajian. Hadis ini sangat penting untuk dihafal dan disebarkan karena hadis ini senjata dalam mengingkari kemungkaran, ujar Imam An-Nawawi.
  • 2 Tanda Kiamat Sudah Dekat Berdasar Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 05:15 WIB
    Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam hadis ini tentang sebagian tanda-tanda kiamat, beliau menyebutkan dua tanda: Salah satunya, seorang budak yang melahirkan tuannya.
  • Hadis yang Berkisah tentang Keterlibatan Perempuan dalam Pesta di Era Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:32 WIB
    Pada zaman Nabi, perempuan sudah ikut dalam sejumlah perayaan umum. Hal ini tergambar dari hadis yang mengisahkan keikutsertaan perempuan dalam perta perkawinan, pesta hari raya dan pesta penyambutan.
  • 2 Hadis tentang Kemandirian sebagai Karakter Perempuan di Era Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:17 WIB
    Setidaknya ada 2 hadis yang menceritakan tentang kemandirian sebagai karakter perempuan di era Rasulullah SAW. Hadis tersebut dinukil dari kitab shahih Bukhari dan Muslim.
  • Pelajaran dari Kisah Jibril Duduk dan Menempelkan Lututnya dengan Lutut Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:50 WIB
    Sebagai penuntut ilmu hendaknya lebih mendekat kepada pengajarnya dengan tenang dan khusyuk untuk memperhatikan, hal itu dicontohkan oleh Jibril kepada Nabi SAW.
  • Beberapa Model Penakwilan Hadis yang Mengharamkan Gambar
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:10 WIB
    Di antara para ulama, ada sebagian yang mencoba menakwilkan hadis-hadis sahih tentang haramnya gambar dan mengambilnya agar mereka bisa mengatakan itu semua diperbolehkan, sampai yang berbentuk sekalipun.
  • Pelajaran dari Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril bagi Para Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Penuntut ilmu hendaknya memerhatikan kebersihan pakaiannya baik ketika menghadiri majelis ilmu, masjid, sekolah, majelis talim, dan sebagainya. Dalam hadis Rasulullah SAW pernah menyatakan:
  • Beberapa Hadis yang Mengharamkan Gambar dan Lukisan
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 18:51 WIB
    Di antara hadis yang diriwayatkan mengenai larangan menggambar: Setiap pelukis itu di neraka, yang akan menjadikan nyawa untuk setiap gambar yang ia buat, lalu akan menyiksanya di neraka Jahanam.
  • 2 Faedah Berharga Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Malaikat Jibril
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:35 WIB
    Hadis ini mengajarkan keutamaan bermajelis atau duduk-duduk bersama orang saleh dan alim karena orang saleh sangat berpengaruh bagi orang yang duduk bersamanya dan berpengaruh untuk kesucian hatinya.
  • Berikut Ini Keistimewaan Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:25 WIB
    Hadis tentang dialog Nabi dengan Jibril tentang Islam, Iman, Ikhsan, dan hari kiamat, diibaratkan sebagai induk bagi sunah sebagaimana surat Al-Fatihah disebut induk Al-Quran.
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Kisah Tragis Para Penghina Nabi Muhammad SAW, Ada yang Jasadnya Tidak Diterima Bumi
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 15:33 WIB
    Berikut beberapa kisah orang-orang penghina Nabi Muhammad SAW yang berakhir tragis. Bahkan ada yang jasadnya tidak diterima bumi. Simak ulasannya.
  • Hadis - hadis yang Menjelaskan Keutamaan Salat Dhuha sama dengan Pahala Sedekah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 08:34 WIB
    Salat Dhuha adalah ibadah salat sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan. Banyak hadis yang menerangkan tentang keutamaan salat Dhuha ini.
  • Memahami 4 Hadis yang Menjelaskan tentang Doa-doa Mustajab
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:08 WIB
    Doa mustajab banyak tercatum dalam hadis, doa mustajab sendiri merupakan doa yang langsung diijabah Allah subhanahu wa taala.