Kumpulan Artikel: Jafar Bin Abi Thalib

  • 3 Panglima Perang Mutah yang Syahid Hadapi Negara Adidaya Bizantium
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 19:52 WIB
    Panglima Perang Mutah yang syahid menghadapi negara adidaya Bizantium adalah Zaid bin Harithah, Jafar bin Abi Thalib, dan Abdullah bin Rawahah.
  • Hindari 3 Perkara Ini Insya Allah Mulia di Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 21:42 WIB
    Bagi kaum muslimin yang ingin meraih kemuliaan di sisi Allah hendaknya menjauhi tiga perkara ini, sebagaimana sahabat Jafar bin Abi Thalib diberi dua sayap oleh Allah.
  • Sahabat Paling Mirip dengan Rasululah SAW Baik Fisik Maupun Perangainya
    Hikmah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:08 WIB
    Sahabat paling mirip dengan Rasululah SAW baik fisik maupun perangainya adalah Jafar bin Abi Thalib. Beliau adalah sepupu Rasulullah SAW, dengan nasab yaitu bin Abi Thalib bin Abdul Manaf bin Abdul Muthalib.
  • Amalan Sahabat Pemilik 2 Sayap di Surga, Salah Satunya Tidak Berbohong
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 05:10 WIB
    Satu-satunya sahabat Nabi yang mendapat kemuliaan terbang dengan kedua sayapnya di Surga ialah Sayyidina Jafar bin Abi Thalib radhiyallahu anhu. Ini amalannya.
  • Peristiwa di Bulan Rajab: Hijrah Muslim ke Habasyah dan Sambutan Ramah Raja Negus yang Kristen
    Hikmah
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 10:25 WIB
    Peristiwa di bulan Rajab yang penting salah satunya adalah hijrah pertama kaum Muslimin ke Habasyah atau Abisina. Peristiwa ini terjadi bulan Rajab pada tahun ke-5 setelah bitsah.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Heroik Jafar bin Abi Thalib, Pemilik 2 Sayap di Surga
    Hikmah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 08:30 WIB
    Satu-satunya sahabat Nabi yang mendapat keistimewaan mulia di Surga adalah Sayyidina Jafar bin Abi Thalib radhiyallahu anhu. Beliau dijuluki Dzul Janahain (pemilik dua sayap).