Rumah Tahfidz Menjaga Jiwa Qur'an Anak-anak Perbatasan

loading...
Rumah Tahfidz Menjaga Jiwa Quran Anak-anak Perbatasan
Rumah Tahfidz Menjaga Jiwa Qur'an Anak-anak Perbatasan
Waktu masih menunjukkan pukul 16.00 WITA. Tapi, matahari masih menyengat di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Senin (5/6/2017). Puluhan santri rumah tahfidz berkumpul di depan dermaga usai melaksanakan salat Ashar.

Hari itu memang spesial. santri akan diuji hafalannya oleh Ustaz Solehuddin, pimpinan Rumah Tahfidz Center (RTC).Ups, sebagian anak malah lupa hafalannya. Kelihatannya mereka grogi dan deg-degan.

Dari ba’da Ashar hingga menjelang senja, Dermaga TNI AL Sei Pancang diisi riuh rendah suara anak-anak mengaji. Diselingi games seru dan tausyiah. Agenda ditutup dengan berbuka puasa.

Gemerlap lampu dari negeri tetangga sudah mulai terlihat. Ini tanda waktu Magrib sudah dekat. Dari dermaga ini, Kota Tawau, Malaysia hanya berjarak beberapa kilometer. Dari kejauhan, jelas terlihat berjajar gedung tinggi menjulang.

Waktu azan pun tiba.Eit, nanti dulu, ternyata itu suara azan dari radio Malaysia. Santri yang tak sabar santap makanan, hanya tersenyum kecut. "Tunggulah dulu empat menit lagi!,"ujar Ustaz Jefri, d’ai muda asal Sulawesi, pembina Rumah Tahfidz Assa'diyah Sebatik.

Tak butuh waktu lama, takjil disantap habis. Beberapa santri lanjut santap makan berat. Semilir angin laut ikut menemani khidmat berbuka. Bulan yang separuh pun mulai menampakkan terangnya.



Di perbatasan, anak-anak ini ditempa. Dipersiapkan menjadi agen perubahan. Rumah Tahfidz menjadi instrumen warga untuk menjaga anak-anak dari kontaminasi negatif. Mereka diharapkan menjadi generasi tangguh penghafal Qur’an.

Sumber: www.pppa.or.id
(aww)
cover top ayah
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah:153)
cover bottom ayah
preload video