Topik Terkait: Hikmah Ramadhan

  • Nurcholish Madjid: Puasa Ramadhan Ibadah Wajib yang Paling Mendalam
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 19:05 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan dari berbagai ibadah dalam Islam, puasa di bulan Ramadhan barangkali merupakan ibadah wajib yang paling mendalam bekasnya pada jiwa seorang Muslim.
  • Kapan Awal Puasa Ramadhan? Ini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 09 Mei 2018 - 16:08 WIB
    Fenomena yang sudah tidak asing dan mungkin bisa dikatakan &lsquomembosankan&rsquo bagi umat Islam di Indonesia, biasa terjadi dalam penetapan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.
  • Kisah Hikmah : Ketika Nabi Musa Sakit Gigi dan Tanaman Obat
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 09:36 WIB
    Sebuah kisah menarik yang dialami Nabi Musa ketika bergelut dengan sakit gigi. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini bagi kita umat Muslim dalam menghadapi problema kehidupan sehari-hari.
  • Perjalanan Cinta Burung-burung dalam Manthiq Al-Thayr
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 16:33 WIB
    Dan Sulaiman telah menerima warisan dari Daud. Dan dia berkata: &lsquoWahai umat manusia! Telah diajarkan kepada kami Bahasa burung (manthiq al-thayr). (QS. 27:16)
  • Kisah Hikmah : Meninggalkan Sesuatu karena Allah
    Hikmah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Terkadang seorang muslim dituntut untuk meninggalkan sesuatu karena Allah subhanahu wataala. Pada saat itulah, ada salah satu kaidah penting dalam kehidupan seorang muslim yang perlu untuk kita yakini bersama.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Hikmah: Melupakan Dendam!
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 12:30 WIB
    Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa sakit hati dengan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ada yang langsung lupa alias tidak membekas, ada yang biasa saja dan pasti juga ada rasa sakit yang terus membelenggu jiwanya sepanjang hayat.
  • Kebangkitan Kaum Sodom dan Kehancuran Umat Nabi Luth
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2015 - 18:05 WIB
    DISAHKANNYA pernikahan sesama jenis di 30 negara bagian Amerika Serikat dan Ibu Kota Washington DC menandakan kebangkitan kaum sodom di abad ke-21. Kaum sodom merupakan umat Nabi Luth yang dimusnahkan oleh Allah SWT.
  • Penting Diketahui Hikmah dan Keutamaan Sahur Saat Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 08:38 WIB
    Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan. Sebagai persiapan menjalankan puasa sepanjang hari, sahur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Apa dan bagaimana sebenarnya perihal sahur ini?
  • Inilah 8 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan dan Dalil-dalilnya
    Tips
    Senin, 28 Maret 2022 - 08:45 WIB
    Sebelum memasuk bulan Ramadhan, selain menyiapkan diri dengan niat, ada baiknya mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membatalkan ibadah tersebut.
  • Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2017 - 11:50 WIB
    Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Quran masih &nbspterus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan.
  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Ilmu Hikmah, 3 Perkara yang Menyelamatkan dan Merusak
    Tausyiah
    Senin, 29 Juni 2020 - 17:17 WIB
    Semua manusia pasti mendambakan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun, banyak yang belum memahami hakikat hidup yang sebenarnya.
  • Kisah Hikmah : Amanah Berutang Seribu Dinar
    Muslimah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 05:14 WIB
    Ketika kita menyampaikan kisah kepada anak-anak, tentunya ada makna yang ingin kita sampaikan. Misalnya tentang pentingnya menjaga amanah dan menanamkan sifat amanah kepada anak.
  • Nasihat Ustaz Arifin Ilham yang Menyejukkan Hati
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 21:39 WIB
    Umat Islam di Indonesia sedang berduka karena kehilangan sosok ulama penyejuk hati, Ustaz Muhammad Arifin Ilham yang meninggal dunia di rumah sakit Penang, Malaysia, Rabu 22 Mei 2019.
  • Mimpi Thalhah di Depan Pintu Surga dan Kemuliaan Ramadan
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2017 - 06:45 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu keutamaan Ramadan dikisahkan melalui mimpi Thalhah bin Ubaidillah ra, salah satu sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga.&nbsp
  • Memetik Hikmah dari Kisah Abu bin Hasyim
    Tausiyah
    Sabtu, 26 Mei 2018 - 08:47 WIB
    Pengalaman adalah guru sekaligus pengingat terbaik dalam hidup. Pengalaman adalah ilmu yang tidak sekadar teori. Tapi realita dari sebuah peristiwa yang terjadi dalam perjalanan hidup kita.
  • Hikmah Ramadhan: Perempuan Pezina yang Bertobat Akhirnya Disalatkan Nabi
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:25 WIB
    Di zaman Rasulullah pernah terjadi satu peristiwa memalukan, namun mengandung hikmah dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan dalam kitab Riyadhush-Shalihin yang menukil hadis riwayat Imam Muslim.
  • Tiga Kisah Hikmah: Pertanggungjawaban, Kepalsuan, Pelajaran dan Kafilah
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 08:01 WIB
    Seorang pencuri yang berusaha memanjat jendela sebuah rumah yang hendak ia curi, terjatuh karena kusen jendela patah, membentur tanah dan mematahkan kakinya. Ia pergi ke pengadilan menuntut pemilik rumah.
  • Kisah Hikmah : Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:32 WIB
    Syariat yang Allah Subhanahu wa taala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan. Justru sebaliknya. Allah Taala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang.
  • Masjid Menyanan, Tempat Mengaji Diponegoro di Tengah Pecinan
    Hikmah
    Selasa, 08 Juli 2014 - 20:57 WIB
    Masjid An-Nur Menyanan, konon merupakan tempat Pangeran Diponegoro mengaji saat zaman penjajahan Belanda. Masjid sempat hilang, kemudian ditemukan lewat mimpi.