Ramadan Sekolah yang Tepat untuk Bentuk Karakter Bangsa

Sabtu, 10 Juni 2017 - 00:04 WIB
Ramadan Sekolah yang Tepat untuk Bentuk Karakter Bangsa
Ramadan Sekolah yang Tepat untuk Bentuk Karakter Bangsa
A A A
JAKARTA - Generasi muda muslim disarankan untuk tidak menyiakan datangnya bulan suci Ramadan. Selain menjadi sarana mengembangkan keimanan dan ketakwaan, bulan yang di dalamnya penuh rahmat, ampunan, serta keberkahan, juga dapat mendidik generasi muda cinta pada negara.

"Jadi, Ramadan itu seperti sekolah bagi umat Islam, khususnya mereka-mereka yang beriman. Karena panggilan puasa hanya akan didengar dan dilaksanakan mereka yang beriman," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (9/6/2017).

Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT, "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa." (QS Albaqarah 183).

Pada Ramadan, orang-orang menurut Dahnil, diajarkan untuk selalu berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan. Bagi generasi muda, sikap ini akan membawa hubungan yang baik tidak hanya kepada Allah, tapi juga hubungannya dengan sesama manusia.

Sebagaimana anjuran di bulan Ramadan agar banyak bersedekah, berzakat, membantu orang yang membutuhkan. Sikap semacam ini menurut dia, dapat menumbuhkan rasa empati dan simpati di dalam diri generasi muda.

"Ramadan itu sekolah yang tepat bagi anak muda untuk melatih diri, merawat akhlak, dan etos," jelas Dahnil.

Dahnil melanjutkan, dengan pemikiran kedepan yang diajarkan selama Ramadan, generasi muda dapat memetik pesan bahwa untuk meraih kesuksesan harus dimulai dari sekarang dengan memperbanyak kesiapan diri.

"Pentingnya mempersiapkan diri sebagai pribadi yang unggul," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)